Home > Blogosphere > NIDN – Nomor Induk Dosen Nasional , Akhirnya keluar juga

NIDN – Nomor Induk Dosen Nasional , Akhirnya keluar juga


NIDN atau lebih dikenal dengan Nomor Induk Dosen Nasional merupakan nomor identifikasi legalitas   terhadap dosen pengajar Perguruan Tinggi Negeri(PTN)  maupun Swasta (PTS), tujuan diberlakukannya antara lain untuk mengetahui secara cepat identitas dan bidang keahlian dari seorang Dosen, selain itu juga belakangan ini NIDN digunakan sebagai prasyaratan untuk mengikuti beasiswa ataupun hibah penelitian dan pengabdian.

Sedangkan persyaratan pengajuan untuk NIDN ini adalah sebagai berikut;

  1. Ijazah S1,S2,S3 berikut scan-nya.
  2. SK PNS 100 %.
  3. KTP berikut scan-nya.
  4. Surat Pernyataan dosen tetap , bisa diunduh dialamat berikut http://akademik.dikti.go.id/data/2010/formulir/Surat%20Pernyataan%20Dosen%20Tetap.pdf (SK Dirjen Dikti Nomor : 108/DIKTI/Kep/2001).
  5. Form Biodata Dosen, bisa diunduh dialamat berikut http://baak.unila.ac.id/images/EPSBED/biodata_dosen.pdf .

Biasanya berkas dikirim ke pengelola ditingkat  Universitas, baiknya langsung via mail saja ke pengelola, agar datanya bisa segera dikirim ke DIKTI, di Universitas Lampung pengelolanya ada di BAAK (Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan). Mungkin ditempat lain unit kerjanya hanya berbeda nama saja.

Alhamdulillah saat ini NIDN saya sudah muncul di DIKTI, alamat pencarian NIDN dosen Nasional ini bisa akses alamat berikut http://evaluasi.dikti.go.id/epsbed/dosen .

Demikian tulisan ini saya buat, semoga bermanfaat.

Semoga saya bisa mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya.

Kiat Sukses Menjadi Seorang Network Engineer

About these ads
Categories: Blogosphere Tags: , , , , ,
  1. Dhoto
    March 24, 2011 at 1:05 am | #1
  2. Tanya
    March 25, 2011 at 7:26 am | #2

    Kapan systemnya pindah ke dpt ya..? ;)

  3. March 29, 2011 at 4:34 am | #3

    DPT apaan yah ?

  4. iin
    December 3, 2011 at 9:45 am | #4

    klo kita dosen PTS gimana caranya supaya dapat NIDN??? kok di atas syaratnya ada SK PNS 100% apa maksudnya yach pak??
    Thanks info

  5. December 5, 2011 at 3:33 am | #5

    #iin. untuk dosen PTS lebih gampang lagi seharusnya, adekku saja yang baru sempet ngajar 6 bulan di salah satu PTS di Lampung tau-tau sudah muncul NIDN nya di DIKTI, sepertinya bagian kepegawaian yang mengurusnya secara kolektif. silahkan ditanyakan langsung ke bagian pegawaian PTS anda. semoga sukses.

  6. BRINOVRIKA
    January 7, 2012 at 2:35 am | #6

    nama saya salah di NIDN, bagaimana cara mengurusnya???

  7. January 8, 2012 at 2:50 am | #7

    Di Universitas Lampung (tempat tugas saya) cukup menghubungi divisi khusus bertugas menangani NIDN dibawah bagian Akademik. Tinggal request dia saja, karena pastinya akun permohonan/pengubahan ada pada unit tertentu

  8. Patma Sopamena
    January 31, 2012 at 3:09 pm | #8

    saya salah satu dosen tetap IAIN Ambon, bagaimana proses NIDN bagi kami yang ada di bawah kemenag? pimpinan kami sudah pernah mengajukan permohonan. apakah saya bisa mengajukan NIDN sendiri langsung ke DIKTI? mohon solusinya

  9. February 2, 2012 at 3:07 am | #9

    Apabila memang sudah mentok proses mengajukan dari institusi silahkan langsung ke dikti saja pak

    • andi nurhikmah ola
      November 30, 2012 at 11:21 pm | #10

      Pak, kalau langsung ke dikti menghubungi siapa yah pak. terima kasih

      • December 4, 2012 at 7:11 pm | #11

        Setau saya kepengurusan NIDN tdk bisa langsung ke DIKTI, sdh ada unit khusus yg menangani nidn internal universitas, tapi jika seandainya anda mau coba lngsng k dikti silahkan saja, cuma saya jg tidak ada cp disana.

  10. regi
    February 16, 2012 at 3:33 am | #12

    aslkm.. mau tanya nih… saya juga telah memiliki NIDN di sebuah PTS namun saya tidak pernah mengajar disana… dulu saya pernah mengirim berkas lamaran ke PTS tsb tapi tidak ada di hubungi oleh PTS ybs… belakangan saya tau (setelah saya iseng2 meng entri kan nama di http://www.evaluasi.dikti.go.id ) saya telah memiliki NIDN di PTS tsb sedangkan pihak PTS sendiri tidak pernah mengabarkan kepada saya mengenai hal tsb… saat ini saya dosen LB di PTS lain… menurut mbak/mas tindakan apa yang harus saya lakukan ? kira2 apa dampak negativ dan positifnya bagi saya ?

  11. February 16, 2012 at 6:02 am | #13

    #Regi. jika masih dengan status dosen LB anda pada PTS lain tersebut ya gak masalah, toh gak ada kepentingan kepengurusan jenjang karir, tapi kalo mulai mau berfikir untuk lanjut sekolah dan ingin dapet beasiswa pemerintah (DIKTI), NIDN modalnya dan harus segera dirubah. itu sih dari saya.

  12. hanum
    March 29, 2012 at 5:11 am | #14

    aslkm.. saya juga mau tanya nih… saya juga telah memiliki NIDN di sebuah PTS namun saya tidak pernah mengajar disana… saya dulu juga pernah mengirim berkas lamaran ke PTS tsb tapi tidak ada di hubungi oleh PTS ybs… belakangan saya tau (setelah saya iseng2 membuka web di http://www.evaluasi.dikti.go.id ) nama saya keluar dan saya telah memiliki NIDN di PTS tsb sedangkan pihak PTS sendiri tidak pernah mengabarkan kepada saya mengenai hal tsb… saat ini saya tidak mengajar,,,, menurut mas apa yang harus saya lakukan ? apa saya bisa mengusulkan diri untuk bisa mengajar di PTS tersebut?? semoga bisa saya mengajar di PTS itu,,,amin

    • nunum
      March 29, 2012 at 5:14 am | #15

      aslkm.. mau tanya nih… saya juga telah memiliki NIDN di sebuah PTS namun saya tidak pernah mengajar disana… dulu saya pernah mengirim berkas lamaran ke PTS tsb tapi tidak ada di hubungi oleh PTS ybs… belakangan saya tau (setelah saya iseng2 meng entri kan nama di http://www.evaluasi.dikti.go.id ) saya telah memiliki NIDN di PTS tsb sedangkan pihak PTS sendiri tidak pernah mengabarkan kepada saya mengenai hal tsb… saat ini saya dosen LB di PTS lain… menurut mbak/mas tindakan apa yang harus saya lakukan ? kira2 apa dampak negativ dan positifnya bagi saya ?

  13. christina natalina saragi
    April 13, 2012 at 2:28 am | #16

    nama saya christina natalina saragi,saya sudah punya NIDN tapi berhubung saya pindah PT jadi saya cabut nidn saya dari PT yang lama kemudian saya pindah ke PT yang baru tp pihak DIKTI lama sekali mengkomfirmasikan pemindahan saya,sehingga saya 5 bln ni tidak gajian,,tolong bapak memberikan jalan keluar utk problem saya ni

  14. tono
    July 16, 2012 at 4:29 am | #17

    biaya mengurus NIDN itu brp sih?

  15. asep
    July 28, 2012 at 6:17 pm | #19

    assalamualaikum..nama saya asep sudarman, saya sudah mengajar di salah satu PTS di sumsel selama setahun,dosen tetap yayasan sudah ada,tapi knp ya pas di cek NIDN saya tidak ada?padahal dosen yang baru ngajar sudah ada NIDN ny?knp sampai itu bisa terjadi

    • andi nurhikmah ola
      November 30, 2012 at 11:19 pm | #20

      Pak Asep, kasus saya sama dengan bapak. Rupanya bagian admin yg urus NINDN di kampus saya yang tidak mengirim dokumen saya dengan lengkap dan NIDN saya ditolak itu pun tidak disampaikan ke saya. Ternyata lampiran pengesahan ijazah saya ( Kebtulan saya lulusan luar negeri S2 nya) sepertinya Wallah

  16. August 15, 2012 at 5:36 pm | #21

    Thanks for the good writeup. It in fact was once a leisure account it.
    Glance advanced to more added agreeable from you!

    By the way, how could we be in contact?

  17. dyana
    September 25, 2012 at 1:10 pm | #22

    mekom….
    pak/buk gmn caranya liiat NIDN kopertis tingkat 1 wilayah sumatera-aceh
    tq…

  18. andi nurhikmah ola
    November 30, 2012 at 11:16 pm | #23

    bagi teman teman yang sudah keluar NIDN nya saya pribadi ucapkan selamat namun bagi saya pengurusan NIDN di tempat saya sangat mengecewakan karena Admin nya tidak pro aktif mengirim. Buat Pak asep, bapak tanyakan ke universitas bapak karena kejadian di tempat mengajar saya, Bagian administrasi nya rupanya tidak mengirim lengkap dokumen saya akhirnya Dikti tidak mengeluarkan NIDN saya. saya mengajar di kopertis wilayah IX. sekarang saya melanjutkan S3 di unhas biaya pribadi. Alhamdulillah baru baru ini justru saya mendapatkan beasiswa dari DIG University di China. Akhirnya bulan Februari 2013 saya berpindah ke universitas luar. Lebih gampang rupanya berkomunikasi dengan teman2 dari luar dibanding bangsa kita sendiri. Itulah kelemahan SDM kita, terkadang sebagian proses sengaja dibuat sulit dengan birokrasi yang dipersulit. saya belum tahu bagaiman nasib NIDN itu. Mungkin ada teman teman yang bisa bantu informasinya kalau langsung ke DIKTI dengan siapa tepatnya berhubungan.

    • December 17, 2012 at 6:32 am | #24

      Secara prosedur seharusnya NIDN diusulkan oleh perguruan tinggi tempat kita bekerja, apabila langsung ke DIKTI saya khawatir tidak akan diterima oleh mereka.

  19. annisa
    December 12, 2012 at 1:33 am | #25

    apakah ada jadwal pendaftaran NIDN?

  20. herdiana
    December 17, 2012 at 5:44 am | #26

    aslmualkum pak,saya seorang dosen di salah satu PTS di makassar,saya merasa kesulitan membuat NIDN,kata orang kopertis belum bisa membuat NIDN kalo masih S1.tapi saya tetap ngotot kalau NIDN bisa buat kalau memiliki Jabatan Fungsional minimal Asisten Ahli.Dan alhamdulillah berkas saya akhirnya diterima 2 minggu lalu.saya ingin tanyakan bagaimana cara mengetahui apakah NIDN saya sudah selesai atau belum.mohon petunjuknya dan terima kasih sebelumnya

    • December 17, 2012 at 6:30 am | #27

      Alaikum salam. Saya masih S1 (sedang proses penyelesaian S2), sudah memiliki NIDN yang diregister oleh petugas entry NIDN (biasanya bagian BAAK) Universitas. Untuk pengecekan silahkan akses link berikut http://evaluasi.dikti.go.id/epsbed/dosen , lalu masukkan nama anda, apabila NIDN sudah terdaftar maka otomatis akan muncul disini.

  21. karmila
    March 4, 2013 at 6:39 am | #28

    Selamat Sore Pak, Dari aw
    al saya mengajar saya sudah mempunyai NIDN tapi sekarang saya cek di dikti NIDN saya berubah menjadi dosen tidak tetap sedangkan sampai sekarang saya masih dosen tetap, terima kasih.

  22. haris romdhoni
    April 8, 2013 at 6:33 am | #29

    berapa lama nidn bisa jadi

  23. April 10, 2013 at 12:29 pm | #30

    Ass, kenapa NIDN kami dari IAIN Imam Bonjol Padang tidak kunjung beres? apa permasalahannya?

  24. Ibrahim, S.Pd.,M.PdI
    April 23, 2013 at 12:23 pm | #31

    Bagaimana Prosedur memindahkan NIDN Dosen Tetap Yayasan (PTS) ke PTAIS ?

  25. Ibrahim, S.Pd.,M.PdI
    April 23, 2013 at 12:38 pm | #32

    Ass, dulu NIDN saya keluar sewaktu menjadi Dosen Tetap di PTS (STKIP-YPM Bangko) kemudian saya mengusul pindah ke PTAIS (STAI-SMQ Bangko) permohonan saya diterima atas diterimanya pemindahan saya tsb pihak PTS asal telah mengeluarkan NIDN saya, sekarang saya ingin memindahkannya ke PTAIS saya yang baru, mohon petunjuknya, terima kasih.

  26. FIA TRANSTRIANINGZAH
    June 17, 2013 at 12:27 am | #33

    Assalamu’alaikum…………
    Mau numpang nanya pak, bu,,,,Ijazasah S1 saya Manajemen Syari’ah dan S2 nya manajemen, Apakah bisa mengajukan NIDN ? terima kasih

  27. July 15, 2013 at 2:52 am | #34

    Pak, saya juga S1, dan S2 saya belum selesai….
    saya baru saja diterima dosen di salah satu universitas swasta.
    saya khawatir sekali, apakah saya bisa dapat NIDN ??
    dari jadwal mengajar, saya sebenarnya masih sekitar 1 tahun lagi, tapi ketika mengajar sudah harus ada NIDN 5 bulan sebelumnya. saya takut kalau saya belum dapat S2, saya tidak bisa dapat NIDN….

    mohon klarifikasinya Pak…

  28. BERLIANA
    September 23, 2013 at 5:54 am | #35

    ASS, SAYA SDH MENGAJAR DR TAHUN 1990 DAN KEPANGKATAN SAMPAI/ IIIb .. DARI UNIV. SWASTA DI PALEMBANG… TAHUN 2000 SAYA PINDAH KE MEDAN DAN MENGAJAR KEMUDIAN KELUAR NIDN DR MEDAN … LALU BAGAIMANA CARANYA AGAR KE PANGKATAN SAYA YANG SUDAH ADA BISA DI GUNAKAN/ DILANJUTKAN DI MEDAN …TERIMAKASIH…

  29. srinurmahningsi
    January 14, 2014 at 1:25 am | #36

    assalamualaikum,,
    kok kenapa saya mau cek nidn dengan alamat yang terbaru http://evaluasi.dikti.go.id/epsbed/dosen. nda bisa masuk2 yah.. saya butuh nidn saya karena saya mau urus beasiswa dikti on going.. mohon bantuannya di infokan ke saya ke no. hp saya jga boleh 085656475660. trima kasih atas perhatiannya dan bantuannya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: