Home > Blogosphere > Test Potensi Akademik (TPA) Bappenas Jakarta

Test Potensi Akademik (TPA) Bappenas Jakarta


Tes Potensi Akademik (TPA)
Bappenas melalui Unit Pelayanan Penyelenggaraan Tes Potensi Akademik (UPP-TPA) telah mengembangkan alat seleksi yang dinamakan Tes Potensi Akademik (TPA). TPA dirancang untuk mengungkap potensi intelektual, yang dianggap mendasari kemungkinan keberhasilan seseorang jika yang bersangkutan mengikuti jenjang pendidikan S2 atau S3. UPP-TPA dapat memberikan pelayanan penyelenggaraan TPA melalui kerjasama dengan lembaga pengguna tes yang bermaksud mengadakan seleksi penerimaan pegawai, mutasi dan promosi jabatan, atau penerimaan mahasiswa baru jenjang pendidikan S2 dan S3.

Ruang lingkup kegiatan pelayanan di atas meliputi penyediaan buku soal, lembarjawaban, tenaga pengawas (pengawas utama dan pengawas pendamping), dan penilaian skor serta pengiriman nilai. Sedangkan kriteria dan persyaratan peserta lainnya serta batas kelulusan ditentukan oleh lembaga pengguna tes yang bersangkutan. Disamping penyelenggaraan melalui kerjasama kelembagaan tersebut di atas, UPP-TPA dapat juga memberikan pelayanan individual sesuai dengan mekanisme penyelenggaraan tes individual.

Uraian diatas saya kutip dari Website http://upp-tpa.com/tes-potensi-akademik.html yang merupakan Official Site penyelenggara TPA Bappenas.  Karena ada persyaratan untuk kepengurusan beasiswa BPPS ITB harus memiliki skor TPA minimal 475, bermodal Rp 250.000 utk pendaftaran maka saya memberanikan diri berangkat ke Jakarta untuk mengikuti tes TPA ini, alhamdulillah nilai pun sudah keluar dan melewati batas minimal.

  • Tes Potensi Akademik (TPA) dimaksudkan untuk mengukur potensi yang dianggap mendasari kemungkinan keberhasilan seseorang jika yang bersangkutan belajar di jenjang pasca sarjana atau memangku jabatan yang memerlukan kemampuan intelektual setara dengan kemampuan yang diperlukan untuk belajar di jenjang tersebut. Semakin tinggi skor yang dicapai, semakin besar kemungkinan keberhasilannya.
  • Skor TPA terdiri atas 4 bagian : Skor subtes 1 (kemampuan verbal), Skor Subtes 2 (kemampuan kuantitatif), Skor subtes 3 (kemampuan penalaran) dan skor total (perpaduan 3 kemampuan tersebut diasumsikan sebagai potensi akademik. Dengan menggunakan acuan nasional, Skor total terendah=200, tertinggi=800, dan rata-rata (mean)=500, dengan simpangan baku (standar deviation)=100.
  • Penetapan kelulusan peserta ditentukan oleh instansi masing masing yang menggunakan nilai TPA sebagai (salah satu) alat seleksinya. UUO TPA  Koperasi Perencanaan tidak menentukan kelulusan/ketidaklulusan peserta.
  • Masa berlaku skor TPA ini adalah dua tahun sejak tanggal tes yang diikuti. Karena itu, permintaan konfirmasi/cetak ulang skor TPA yang lebih dari dua tahun tidak dapat dilayani. Walaupun demikian, instansi pengguna TPA berhak menetapkan sendiri ketentuan tentang masa berlakunya nilai TPA.

Point point diatas adalah penjelasan teknis tentang pelaksaan TES TPA. terlampir slip nilai TPA kepunyaan saya.

O iya bagi rekan rekan yang berminat untuk mengikuti TPA dengan biaya mandiri bisa menghubungi kontak berikut,

UNIT USAHA OTONOM PENYELENGGARAAN TES (UUO PT)
KOPERASI PERENCANAAN

Jl. Proklamasi No. 70, Jakarta 10320
Telepon. 021-3911627
Faksimili: 021-3911626
E-mail: upptpa@yahoo.com

Official site mereka ada dialamat http://upp-tpa.com/

Demikian, semoga bermanfaat…

Kiat Sukses Menjadi Seorang Network Engineer

About these ads
  1. harfan
    October 5, 2011 at 6:39 am

    numpang nanya mas, saya juga insya allah mau ngelanjutin kuliah di ITB, kalo test di bappenas kira” bayarnya berapa mas? trus berapa lama waktu yang diperlukan untuk hasilnya keluar?? trims,,:)

  2. October 10, 2011 at 5:38 am

    #Arfan. pengalaman saya test TPA di Bappenas butuh biaya 250.000 , untuk jelasnya silahkan hubungi no diatas.

  3. November 21, 2011 at 11:46 pm

    adu udh telat deh ,jadwal tesnya mepet

    • November 22, 2011 at 3:16 am

      Kalau tidak salah , dekat dekat tahun ajaran baru,biasanya 1 minggu bisa diadakan 2 kali test, hari sabtu dan minggu, siapa tau masih ada waktu, untuk persiapan gak ada persiapan khusus deh, yang penting pastikan kondisi tubuh dalam keadaan FIT, gud lak. !

  4. November 22, 2012 at 4:53 am

    Artikel nya sangat bermanfaat untuk saya , terima kasih sudah posting. untuk info tpa yang lain silahkan berkunjung ke blog saya.

    salam hangat
    massageng.com

  5. pratam
    April 30, 2013 at 2:37 am

    kalo dari Bappenas bisa minta cetak ulang ya?
    caranya gimana?kena biaya brp? soalya pas daftar di ITB saya malah disuruh ngasih hasil tes yang asli.. pdhl rncananya mau dipake juga untuk yg lain..

    • aya
      July 24, 2013 at 9:17 am

      untuk cetak ulang berikut tata cara yg dishare di link ini
      http://myrawardatis.blogspot.com/2013/04/bagaimana-tatacara-print-ulang-hasil.html

      sebelumnya perlu konfirm dg telepon ke bappenasnya. kontaknya bisa dilihat di website resminya (di atas jg ada). buat telepon ke sana biasanya agak susah setelah jam makan siang. setelah transfer dan kirim ke email sebaiknya konfirm lg ke sananya, memastikan mereka terima dan lihat emailnya. Kalo pake fax sepertinya mereka pasti tau.

  6. neti
    May 7, 2013 at 4:54 am

    sertifikat tpa yg asli th cm diliatin aja di bag administrasi, stlh itu dikembalikan lagi, jangan hawatir :)

  7. nurhayati
    June 13, 2013 at 10:30 am

    asslm,, saya ingin sekali dapat hasil 550 krn syarat utk masuk S3 UGM,, krn saya background nya Kesehatan, kadang menyulitkan saya untuk menyelesaikan soal-soalnya,, mohon berikan trik gmna cara belajar yang baik untuk TPA, terima kasih banyak Ibu/Bapak,, wslm

  8. Adhissa.qonita
    April 16, 2014 at 12:50 pm

    Kk boleh tanya untuk penelenggaraan test tpanya iti ada sistem pengurangan poin tidak ya? Terima kasih :)

    • April 22, 2014 at 1:00 am

      Kalau TPA online untuk kepentingan sertifikasi dosen tidak ada pengurangan skor, kalau yg dari Bappenas saya juga kurang faham

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: