Home > World Of Work > WebGIS Sumber Daya Alam Sumatera

WebGIS Sumber Daya Alam Sumatera


Negara Indonesia merupakan Negara Maritim sekaligus juga Negara agraris  yang sangat kaya akan sumber daya alam baik berupa SDA terbaharukan Maupun SDA tak terbaharukan, wilayah Sumatera sendiri telah terkenal diseluruh penjuru dunia akan kekayaan alamnya seperti hasil alam, minyak, batubara, emas, nikel, tembaga, dll.  Kali ini Tim akan mencoba menginventarisasi kandungan sumber daya alam di Pulau Sumatera dan memetakannya dalam bentuk Sistem Informasi Geografis (SIG).

GIS/SIG Geographic Information System (GIS) atau Sistem Informasi Geografis (SIG) diartikan sebagai sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memangggil kembali, mengolah, menganalisis dan menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan transportasi, fasilitas kota, dan pelayanan umum lainnya.Komponen utama SIG adalah sistem komputer, data geospatial dan pengguna.

SIG sebagai ilmu multi displin terpadu terdiri atas beberapa disiplin ilmu berikut. Geografi StatistikaKartografi Operations Research Penginderaan Jauh Ilmu Komputer , Teknik Elektro , Fotogrammetri,  Matematika, Ilmu Ukur Tanah Perencanaan,  Sipil, Geodesi Perencanaan Kota, dll.

http://soejaka.wordpress.com/2007/05/04/sig-sisitem-informasi-geografis SIG bisa menjadi alat yang sangat penting pada pengambilan keputusan untuk pembangunan berkelanjutan, karena SIG memberikan informasi pada pengambil keputusan untuk analisis dan penerapan database keruangan Pengambilan keputusan termasuk pembuatan kebijakan, perencanaan dan pengelolaan dapat diimplementasikan secara langsung dengan pertimbangan faktor-faktor penyebabnya melalui suatu konsesus masyarakat.

WebGIS Development

WebGIS SDA(Sumber Daya Alam) Area Sumatera dibuat dan dikembangkan dengan sepenuhnya memanfaatkan aplikasi OpenSource, untuk WebProgramming saya gunakan kombinasi antara JAVA, PHP, HTML Script, sedangkan untuk Database Server digunakan MySQL dan PostGreSQL, editing lay out peta spatial menggunakan Aplikasi Quantum GIS, sedangkan untuk mounting olah peta digunakan Aplikasi Geoserver. FrameWork pengerjaan project saya rasa mengadopsi model Agile Method

Hingga saat ini baru terbentuk aplikasi versi Beta yang masih akan terus dikembangkan


About these ads
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: