Home > Blogosphere > INHERENT (Indonesia Higher Education Network) dalam keadaan mati suri

INHERENT (Indonesia Higher Education Network) dalam keadaan mati suri


Tidak terasa sudah 3 bulan berjalan sejak putusnya kontrak pengadaan Jardiknas (Jejaring Pendidikan Nasional) zona perguruan tinggi atau lebih dikenal dengan INHERENT (Indonesia Higher Education Network) hingga saat ini masih belum menunjukkan tanda tanda segera aktif kembali, milis inherent yang dititipkan di domain ITB juga sepi sepi saja, hanya terlihat sedikit aktifitas interaksi antara sesama anggota milis.

Sekitar 4 hari yang lalu saya berkesempatan silaturahmi di Unit Pengembangan Teknologi Pendidikan Disdik Provinsi Lampung, salah satu operator Jardiknas Zona Kantor mengatakan bahwa jaringan internet pada Disdik-pun juga terputus terhitung sejak kontrak antara Pustekkom dan PT Telkom terputus pada awal januari 2011 lalu. Namun mereka masih mendengar kabar baik, yakni kabar bahwa proses tender Pustekkom untuk Jardiknas  zona kantor sudah dalam proses, dan jikamengikuti jadwal maka sekitar bulan Maret Koneksi akan aktif kembali. Kabar baik tidak terdengar untuk zona Perguruan Tinggi, petinggi-petinggi di INHERENT pun juga tidak bisa memberikan kabar pasti berkaitan dengan aktifasi kembali INHERENT ini. Kami selaku tim pengelola hanya bisa menunggu kabar saja tanpa bisa berbuat apa-apa,  cukup doa saja semoga bisa segera diaktifkan kembali.

Nah sekarang pertanyaan besar yang menghinggap dibenak saya adalah mengapa kontrak pengadaan bandwidth Jardiknas  ini hanya dibatasi dalam kurun waktu 1 tahun saja,  padahal untuk membenahi jaringan besar antar pulau di Indonesia ini membutuhkan waktu cukup lama, pengalaman dari rekan-rekan pengelola INHERENT menyatakan  bahwa koneksi baru benar benar bisa stabil hingga ke level SubLocalNode butuh sekitar 6 Bulan-an,bahkan untuk rekan rekan wilayah Indonesia Timur baru diaktifasi setelah mungkin hampir 10 bulan sejak pengumuman pemenang tender, artinya bahwa mereka hanya bisa menggunakan  INHERENT ini hanya 2 bulan saja, itupun juga seandainya tidak ditemukan kendala network.

Soow…jadi… menurut saya, pola pengadaan 1 tahun untuk INHERENT ini sama sekali tidak efektif. mengingat efektifitas penggunakan link yg tidak pernah full selama 12 bulan, terbukti sejak 2006 -2007(telkom),2008(Lintas Arta),2009(Telkom) semua provider tersebut tidak ada yg bisa menjanjikan efektifitas penggunaaan link selama 1 tahun sejak diaktifasi.  Padahal INHERENT sudah berjalan sejak 2006, tetap saja petinggi di layer-9 INHERENT tidak bisa melakukan apa apa terganjal Keppres pemerintah tentang pengadaan Barang dan Jasa.  Sehingga bisa saya simpulkan bahwa selama pola pengadaan masih seperti ini maka model pengelolaan Jardiknas tidak pernah maksimal. Semoga saja keadaan ini bisa segera berubah kearah yg lebih baik lagi. Amiin..

Terlampir query CDP antar Router UNILA-UNSRI-UNJA, secara fisik masih terhubung melalui bentangan kabel Optik namun sudah tidak bisa dipergunakan lagi.

IBRUNILA01#show cdp neighbors
Capability Codes: R – Router, T – Trans Bridge, B – Source Route Bridge
S – Switch, H – Host, I – IGMP, r – Repeater, P – Phone

Device ID        Local Intrfce     Holdtme    Capability  Platform  Port ID
IBSUNILA01       Gig 1/48           167          S I      WS-C2960G-Gig 0/10
IBSUNILA01       Gig 5/2            167          S I      WS-C2960G-Gig 0/20
IBRUNJA01.inherent-unja.ac.id
Gig 1/14           134         R S I     CISCO7606 Gig 1/2
IBRUNILA01#ping 167.205.145.1

Type escape sequence to abort.
Sending 5, 100-byte ICMP Echos to 167.205.145.1, timeout is 2 seconds:
…..
Success rate is 0 percent (0/5)
IBRUNILA01#

Demikian tulisan ini saya buat, hanya ingin sekedar  berbagi sembari mengisi waktu pagi di Jum’at yg mulia ini.

  1. November 29, 2011 at 12:44 am

    wah wah tempat saya sekolahan juga otomatis dimasukan jardiknas ya?
    sepertinya jardiknas dalam 1,5 bulan terakhir ini bener2 di pencet bandwidth nya.

  2. November 29, 2011 at 2:25 am

    #Sugi. kalau boleh tau asal sekolahnya apa ya ?? . untuk zona kantor di dinas pendidikan provinsi Lampung kalau tidak salah total bandwidth 1,5 Mbps.

  3. Kiki
    June 18, 2012 at 8:48 am

    Untuk mengetahui info/mengikut tender pengadaan bandwidth jardiknas ini kemana ya tepatnya ?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: