Home > Blogosphere > UN – Ujian Nasional tahun 2011

UN – Ujian Nasional tahun 2011


Ujian Nasional biasa disingkat UN / UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan  dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan (Penjelasan Wiki).

Setelah beragam kontroversi menyeruak atas keberadaan UN, KEMENDIKNAS  akhirnya memutuskan pada tahun 2011 Ujian Nasional tetap diberlakukan. Alasan evaluasi pendidikan mendasari atas diambilnya kebijakan ini.  Penilaian UN tahun ini relatif  membuat para siswa bisa sedikit menghela napas,  pasalnya komposisi persentase penilaian UN tidak murni mengandalkan hasil UN saja namun tingkat kelulusan juga dipengaruhi atas hasil evaluasi internal dari sekolah. dengan format persentase kelulusan terbaru adalah sebagai berikut.

Nilai Kelulusan = 40% nilai RAPORT+ 60% nilai UN/UNAS

Mengutip dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) bahwa  nilai rata-rata standar kelulusan pada ujian nasional (UN) tahun 2011 ini minimal harus 5,50.  Ini untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan dengan nilai minimal 4,00 paling banyak dua mata pelajaran dan minimal 4,25 mata pelajaran lainnya. Khusus untuk sekolah menengah kejuruan nilai ujian praktik kejuruan minimal 7,00 dan digunakan untuk menghitung nilai rata-rata UN. Komposisi penilaian ini dirasakan oleh berbagai kalangan lebih realistis dibandingkan dengan komposisi nilai kelulusan tahun lalu.UN tahun 2011 untuk SMA dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia tepat pada tanggal 18 April kemarin.  Tim Pengawas dan Panitia Lokal UN telah dibentuk berdasar atas Keputusan MENDIKNAS untuk membantu proses kelancaran penyelenggaraan UN. Universitas Lampung selaku Panitia Lokal UN di Provinsi Lampung telah menerjunkan civitas akademik dari kalangan Dosen dan Karyawan untuk mengawasi kelangsungan UN di semua 14 Kabupaten Kota, termasuk tim khusus proses verifikasi berkas lembar jawaban dan pemindaian/scanning hasil jawaban para siswa.

Hari pertama pemberkasan LJK UN para siswa kemarin berjalan cukup lancar.  Sebagian LJK  dari Kabupaten/Kota telah terkumpul dan discanning oleh tim teknis dari UPT PUSKOM, 4 perangkat OPscan dan Highspeed Scanner telah disiapkan untuk membantu mempercepat proses pemindaian.   Proses penyerahan berkas juga tergolong lambat, Gelombang LJK pertama diterima tepat Pukul 16.30 WIB dari Bandar Lampung. Menyusul Metro,  Pringsewu,  Pesawaran, Lampura.  Mudahan mudahan hari ini penyerahan berkas bisa lebih cepat. Terlampir foto aktifitas kemarin.

Finally saya mengharap semoga UN tahun ini berjalan dengan lancar dengan hasil terbaik. Amiin.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: