Home > World Of ICT > BBS Unilanet Brief History there is Oldy Vs Anyar…

BBS Unilanet Brief History there is Oldy Vs Anyar…


Iseng iseng mencari gambar  pada search engine dengan keyword “server unila” ternyata disalah satu page muncul gambar sever jadul siemens primergi pentium II, gambar ini diabadikan oleh teman saya Eriek Khafif dengan kamera handphonenya dan dipost pada alamat berikut http://blog.unila.ac.id/blog/2008/02/20/pengakses-blog-unila-meningkat/  .  berikut penampakannya.

Server Veteran yang digunakan sebagai secondary Name Server Unila (ns2.unila.ac.id)

Seingat saya memang semenjak pertama internet unila established, server-server  dengan board Pentium I, Pentium II, Celeron banyak diberdayakan dan cukup powerfull pada zamannya (pada zamannya lhoo…😀 )  kumplit dilengkapi dengan sistem operasi FreeBSD versi jadul, lumayan stabil melayani traffik web,email,ftp,dll civitas.

Saya pun teringat kisah kisah bersejarah sedari tahun 1997 pada saat itu koneksi internet Unila baru terbentuk, berikut detik-detik bersejarah tersebut (sebagian saya ambil dari brief history BBS Unilanet);

31 Juli 1996
Internetworking di Universitas Lampung di Mulai dengan terbentuknya BBS (Buletin Board System) yang menghubungkan Rektor, Pembantu Rektor dan para Dekan Fakultas (FMIPA, FP, FT, FE, FH,FISIP dan FKIP) di Universitas Lampung.

Februari 1997
Bekerjasama dengan pihak AI3 ITB (Asian Internet Interconnection Initiatives) Unila menggabungkan diri bersama perguruan tinggi lain ke dalam jaringan Internet dengan koneksi melalui sistim VSAT (Very Small Aperture Terminal).

AI3 ITB dengan AI3 Jepang yang merupakan kerja sama dibidang penelitian dan konstruksi jaringan internet yang terdiri dari WIDE proyek (Widely Integrated Distributed Environment) yaitu konsorsium penelitian di bidang studi internet dan JSAT (Japan Satelitte System Inc.), perusahaan satelit komunikasi Jepang. Selain Indonesia terdapat 2 negara lain di Asia yang tergabung dalam proyek AI3 yaitu Thailand (Asian Institute of Technology) dan Hongkong (The Hong Kong University of Science and Technology).

Januari 1998
Jaringan fiber optic yang menghubungkan gedung-gedung Perpustakaan, Rektorat, Lab Terpadu Fak. Teknik dan Pusat Kegiatan Mahasiswa selesai dibangun dan telah berjalan dengan baik.

September 1998
Memindahkan jalur internet dari arah ITB dengan 64kbps leased line PT Telkom yang lebih cepat. Unila bersama sama ITB dan perguruan tinggi lain baik swasta dan negeri bersama sama membangun satu jaringan pendidikan perguruan tinggi di Indonesia.

Tahun 2000
Sejak tahun 2000 hingga tahun 2004 kapasitas kanal Bandwidth Unila terus ditingkatkan awalnya leased line 64 ditambah menjadi 128 kbps, terus naik ke 512 kbps , Leased line telkom masih menjadi favorit pada saat itu, seri router jadul dengan interface V35  pun masih digunakan.

Tahun  2004
Setelah dirasakan performance si leased line ini kurang memuaskan maka diputuskan untuk upgrade koneksi menggunakan koneksi VSAT dari provider Multidata, speed pada saat mulai kontrak adalah 1 Mbps kemudian naik hingga ke 4 Mbps masih dengan menggunakan DVB Modem VSAT.

Tahun 2006
Dengan pertimbangan bahwa jaringan VSAT  dengan delay TTL yg cukup tinggi, lumayan cukup mengganggu terutama  dirasakan pada saat sedang melakukan sesi video conference maka layanan koneksi pun kembali kepada layanan kabel teresterial menggunakan layanan paket astinet enterprisenya telkom, speed bandwidth ditambah dari 4 Mbps hingga ke tahun 2008 menjadi 20 Mbpbs.

Tahun 2008
Melihat kenyataan bahwa tingginya utilisasi penggunaan traffik internet unila khususnya transaksi multimedia, maka diputuskan untuk menambak kapasitas kanal koneksi menjadi 45 Mbps dan tetap menggunakan layanan Astinet telkom. hingga tahun 2011.

Tahun 2011
Untuk tahun ini kapasitas kanal pun terus ditingkatkan dengan throughput bandwidth sebesar 150Mbps menggunakan layanan enterprise dari Moratelindo.

Wah wah wah ternyata perjalanan perkembangan ICT Unila cukup panjang dan berliku liku, yang pasti alhamdulillah sekarang sarana dan prasarana penunjang untuk melayani civitas sudah lebih membaik.

All Credit to : DR. Eng, Lukmanul Hakim

  1. May 18, 2015 at 4:05 am

    Hi, I’m really like this Blog and big appreciate for you who rise up my memories of BBS Unilanet. I’ve been there since 1997 to 2000

    Wassalam,

    • May 18, 2015 at 6:16 am

      You’re welcome Bang ‘Kiky’ , goodluck and success for you too, BBS Unilanet was “kawah CandraDimuka” for some of students warrior🙂

  1. January 25, 2016 at 5:13 am
  2. January 25, 2016 at 5:16 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: