Home > World Of Religy > Peringatan Isra’ wal mi’raj

Peringatan Isra’ wal mi’raj


Posting ini hanya mengulas kejadian 2 hari yang lalu pada saat peringatan peristiwa isra’ dan mi’raj di masjid As-safar Blok C POLRI Hajimena Lampung Selatan.  Topik ceramah berkenaan dengan peristiwa besar ini.  Lantunan ayat suci surah Al-isra’  berkumandang pertanda pembukaan acara, ayat ini menceritakan bagaimana proses Nabi Muhammad SAW diperjalankan oleh sang Maha sebagai salah satu tanda kebesaran sang Khalik dengan kuasanya KunFayakun maka segala jadi terjadilah.

Penekanan khusus selama sesi ceramah berlangsung adalah pada sholat, sesuai dengan esensi isra’ wal mi’raj yaitu perintah sholat.  beberapa point yang saya tangkap adalah pentingnya kita menjaga sholat dengan tatacara yang benar dan tepat waktu sesuai dengan tuntunan sholat baginda nabi, dan dengan sholat ini pula adalah sebagai pembeda seorang apakah tergolong sebagai manusia muslim atau kafir. disampaikan pula bahwasanya hal pertama yang akan dihisab adalah sholat ini, apabila sholatnya baik maka akan baik pula amalan lainnya, dan ketika sholatnya tidak baik bisa dipastikan amalan lainnya pun tidak akan baik (korelasi disini adalah fungsi sholat sebagai pencegah perbuatan keji dang mungkar).

Hal lain juga disampaikan yakni bagaimana nabi Muhammad SAW diperlihatkan bahwa sebagian besar  isi neraka kebanyakan adalah dari kaum perempuan yang tidak bisa menjaga kehormatan dan kemaluannya, hingga sekali lagi ditekankan akan pentingnya seorang muslimah senantiasa menutup dan menjaga auratnya agar tidak menimbulkan fitnah dan mengumbar hawa nafsu. Alhamdulillah keluarga besar kami telah sadar betul akan perintah ini,  istri , ibu, adik telah menggunakan jilbab dengan fungsi sebagai penutup aurat.  Dan sungguh merugilah kaum wanita mengaku muslim tapi tidak menjalankan perintah menutup aurat ini, dan ini banyak kita temukan pada negara republik tempat kita berdiri sekarang. wallohua’lam bisshowaf.

Hal  lain juga turut disampaikan pentingnya kaum lelaki untuk menegakkan sholat berjamaah di Masjid, sampai sampai  dizaman baginda nabi ada seorang buta bertanya apa hukumnya seorang buta sholat dimesjid, Nabi menjawab : ” wajib hukumnya meskipun orang tersebut buta”, lalu orang buta tersebut bertanya kembali: “rumah saya melewati jalan berliku ya rasul, saya khawatir akan binatang buas selama perjalanan menuju masjid”, Baginda nabi pun menjawab : “tidak apa apa bila engkau tidak sholat dimesjid, si orang buta tersebut hendak bergegas pulang kerumah, lalu nabi bertanya : “Apakah suara azan terdengar hingga ke Rumah mu?”, orang buta itu menjawab : “iya saya bisa mendengar ya rasul”, maka nabi berkata : “Wajiblah padamu untuk sholat di Masjid” , akhirnya orang buta tersebut sampai membuat track khusus dengan bantuan tali atau sejenisnya agar tidak nyasar hingga ke mesjin, Subhanalloh…. alangkah indahnya kehidupan muslim dizaman baginda nabi.

Kemudian turut pula disampaikan oleh al ustadz bahwasanya tolak ukur kebangkitan kekuatan umat  islam  itu adalah bisa dilihat ketika jumlah jama’ah sholat subuh adalah sebanding dengan jama’ah sholat jum’at, apabila masa tersebut tiba, dikatakan bahwa kekuatan umat islam sudah pada posisi klimaks dan berada pada puncak kejayaan, isya alloh mudah-mudahan masih bertemu dengan masa itu, amiin…

Demikianlah telah disampaikan akan pentingnya sholat berjamaah dimasjid. Subhanalloh sungguh benarlah apa yang sudah disampaikan ini,  Jujur dan terus terang hingga saat ini penulis sulit sekali untuk implementasi sholat berjamaah dimasjid ini, namun tetap berusaha untuk menunaikan.

Demikian sedikit inti sari ceramah isra’ mi’raj kemarin yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan bisa jadi bahan pelajaran kira semua. Amiin.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: