Home > World Of Academic > UML , Visual Modeling With Rational Rose and Visual Paradigm

UML , Visual Modeling With Rational Rose and Visual Paradigm


Unified Modeling Language (UML) , merupakan sistem arsitektur yang bekerja dalam OOAD (Object Oriented Analysis and Design) dengan satu bahasa yang konsisten untuk menentukan, visualisasi, mengkonstruksi, dan mendokumentasikan artifact yang terdapat dalam sebuah software. UML merupakan bahasa pemodelan yang paling sukses dari tiga metode OO (Object Oriented) yang telah ada sebelumnya, yaitu Booch, OMT, OOSE. UML merupakan kesatuan dari ketiga metode pemodelan tersebut dan ditambah kemampuan lebih karena mengandung metode tambahan untuk mengatasi masalah pemodelan yang tidak dapat ditangani ketiga metode tersebut.

Tujuan UML diantaranya adalah untuk;

  • Memberikan model yang siap pakai, bahasa pemodelan visual yang ekspresif untuk mengembangkan dan saling menukar model dengan mudah dan dimengerti umum.
  • Memberikan bahasa pemodelan yang bebas dari berbagai bahasa pemrograman dan proses rekayasa.
  • Menyatukan praktik-praktik terbaik (Best Practise) yang terdapat dalam pemodelan.

UML tidak mencakup :

  • Bahasa Pemrograman.
    • UML adalah bahasa pemodelan visual, bukan dimaksudkan untuk menjadi suatu bahasa pemrograman visual, tetapi UML memberikan arah untuk bergerak ke arah kode , dalam aplikasi Visual UML model tertentu dapat melakukan konversi dari model yang sudah dibuat menjadi skeleton code.
  • Tool (Software aplikasi) pemodelan.
    • Membuat standar sebuah bahasa diperlukan oleh tool-tool dan proses. UML mendefinisikan semantik dan notasi, bukan sebuah tool. Contoh tool yang menggunakan UML sebagai bahasanya adalah Rational Ros, Enterprise Architect, Visual Paradigm.
  • Proses Rekayasa.
    • UML digunakan sebagai bahasa dalam proyek denga proses yang berbeda-beda. UML bebas dari proses dan mendefinisikan sebuah proses standar bukan tujuan UML atau RFP dari OMG.

Artifact UML.

Untuk membuat suatu model, UML memiliki diagram grafis sebagai berikut;

  • use-case diagram.
  • class-diagram.
  • behavior diagram.
    • statechar diagram
    • activity diagram
    • interaction diagram.
      • sequence diagram.
      • collaboration diagram
  • implementation diagram.
    • component diagram.
    • deployment diagram.

Diagram-diagram tersebut diberi nama berdasarkan sudut pandang yang berbeda-beda terhadap sistem dalam proses analisis atau rekayasa.

UML Tool

  • Rational Rose.
    • Rational Rose adalah software yang memiliki perangkat-perangkat pemodelan secara visual untuk membangun suatu solusi dalam rekayasa perangkat lunak/SE/Software Engineering,dan pemodelan bisnis . Rational Rose dikeluarkan oleh perusahaan software bernama Rational Software, sebagai perusahaan yang mencetuskan ide pembuatan konsorsium bagi perusahaan-perusahaan yang memakai standar UML sebagai bahasa pemodelannya, ditambah fitur lainya yang membuat software ini favorit untuk digunakan. Belakangan Rational Software telah diakuisisi oleh IBM.
  • Visual Paradigm.
    • Visual Paradigm juga merupakan salah satu software UML yang cukup banyak digunakan dengan fitur-fitur tambahan yang sedikit berbeda dengan Rational Rose.

Demikianlah sekilas tentang konsep dasar UML beserta tool pendukungnya, mudah-mudahan dapat berguna. Kita coba untuk mengambil suatu kasus dan bagaimana memodelkannya dengan alat bantu Visual Modelling tool yakni Rational Rose dan Visual Paradigm.

Tugas Pertama adalah

Diminta untuk memodelkan beberapa bisnis proses yang berlaku dalam  sebuah perusahaan/organisasi. Bisnis proses tersebut bisa saja sekumpulan bisnis proses dalam satu departemen atau sekumpulan bisnis proses antar departemen. Didalam bisnis proses tersebut harus ada pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan secara manual, baik itu perusahaan e-commerce maupun perusahaan non e-commerce.
Dokumen requirement yang anda buat harus memuat poin-poin berikut:

  1. Business Use Case, sebutkan proses-proses dalam bisnis yang anda kenali  minimal 5 use case.
  2. Kemudian buatlah Business Object Model (BOM) untuk setiap use case.
  3. Activity Diagram dan Business Process Modelling Diagram.  Buatlah kedua diagram tersebut untuk menggambarkan hubungan antara use case jika ada, atau mendeskripsikan proses di dalam setiap use case (jika ada).

Berikut ini gambaran hubungan antara Business Use Case, Business Object Model, Activity Diagram, dan  Business Process Modelling Diagram:

Penyelesaian tugas.

Kita mengambil contoh kasus disebuah organisasi yakni Dinas Pendidikan Provinsi, yaitu proses pengajuan izin operasional sekolah, dengan alur pengajuan permohonan dengan narasi sebagai berikut;

“Pemohon datang ke DINAS Pendidikan Provinsi dan bertanya ke Unit Khusus bernama BP2T (Badan Pelayanan Perijinan Terpadu) terkait perizinan izin operasional sekolah, petugas BP2T menjelaskan bagaimana tatacara dan persyaratan yang harus diikuti oleh si pemohon, disisi internal diknas sendiri ada flow aktifitas kegiatan yang menangani permohonan izin ini,  tahap pertama izin permohonan masuk ke BP2T selanjutnya diteruskan ke Sekretariat hingga dibawa ke kepala dinas, kemudian dilakukan verifikasi kelayakan dengan melakukan penunjukkan kepada bidang terkait untuk melakukan inspeksi lapangan terhadap bakal sekolah yang meminta izin operasional”

Nah dari kasus ini kita aka coba buat Visual Modellinya dengan mengikuti kaidah yang sudah ditetapkan dalam skenario tugas tadi.

1.  Business UseCase .

Sebuah business use case merupakan urutan tindakan yang dimainkan suatu bisnis yang menghasilkan sebuah nilai yang dapat dilihat dan ditujukan untuk suatu business actor tertentu, setiap business usecase mewakili satu proses bisnis. Untuk kasus BP2T Diknas tadi saya menggambarkan Business Use Case nya adalah sebagai berikut;

Business Use Case Diagram

2. Use Case

use case diagram menjelaskan manfaat sistem jika dilihat menurut pandangan orang/actor. Diagram ini menunjukkan fungsionalitas suatu sistem atau kelas dan bagaimana sistem berinteraksi dengan external system.

Use Case Registrasi

Use Case Pengajuan

Use Case Notifikasi

Use Case Verifikasi

Use Case Hasil Verifikasi

Use Case Penerbitan Hasil

3. Activity Diagram

Dari use case yang ada kita coba break down activity diagram per kegiatan bisnis nya.

Registrasi

Pengajuan

Klasifikasi

Verifikasi

Notifikasi Hasil Verifikasi

Penerbitan Hasil

4. Business Object Model (BOM)

adalah model object  yang menggambarkan realisasi dari business use case. business object model bertugas mengenali semua “orang yang bekerja” dan “benda” yang terlibat dalam bisnis dan bagaimana satu sama lain berhubungan.

BOM Registrasi

BOM Pengajuan

BOM Klasifikasi

BOM Delegasi

BOM Verifikasi

5. Business Process Modeling Diagram

  1. ayu
    February 7, 2012 at 3:17 am

    Kalau gambar-gambar di atas menggunakan Rational Rose atau Visual Paradigm mas? Apa anda pernah mencoba Enterprise Architect? Karena saya mau minta pendapatnya antara ketiga tools tersebut, Mohon infonya dan salam kenal🙂

  2. February 8, 2012 at 2:53 am

    Ya betul Rational Rose dan Paradigm, untuk Enterprise Architect saya belum pernah coba, tapi memang banyak kalangan yang merekomendasikan tool tersebut.

  3. harun
    February 13, 2012 at 11:28 am

    ko aku instal Rational rose g bsa ya?

  4. harun
    February 13, 2012 at 11:29 am

    tlong link untuk dptkan Rational Rose dong??help…

  5. February 14, 2012 at 1:19 am

    Install rational butuh licence, yang aku pake licence dari Universitas jadi free, untuk penggunaan komersial kayaknya kudu bayar deh .

    • harun
      February 14, 2012 at 2:48 am

      thanks infonya gan…

  6. nur kholilah
    February 17, 2012 at 9:26 pm

    terimaksih utk pnecerahnnya , jika ingin membuatae-journal system model use case diagram sperti apa ? mksh jawabnnya

  7. vita221287
    November 27, 2012 at 1:36 am

    thank gan Y

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: