Home > Blogosphere > Marta Mukti Pesu Samata, Anda ???

Marta Mukti Pesu Samata, Anda ???


Entah ada angin apa,  siang ini ditengah membaca buku System Basis Data  tiba tiba teringat dengan Motto angkatan perang republik kita, sebut saja Jalesveva Jayamahe (Semboyan Angkatan Laut) , Swa Bhuwana Paksa (Semboyan Angkatan Udara),  Kartika Eka Paksi (Semboyan Angkatan Darat), dulu di zaman SD sekitar era tahun 90-an setiap murid wajib mengenal Motto ini, saya dapatkan penjelasan ini kala itu dari Buku Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap (RPUL)  karena memang slogan ini kerap muncul di ujian terutama berkaitan dengan PMP (Pendidikan Moral Pancasila). Kalo tidak salah buku RPUL itu masih rapih tersimpan di rumah saya di Bengkulu sebagai arsip bukti bersejarah pernah mengenyam bangku Sekolah Dasar😀 .  Zaat sekarang mungkin buku RPUL tersebut sudah sangat jarang di temukan, dengan adanya teknologi internet pengetahuan umum tentu saja sangat mudah diperoleh, sebut saja portal WIKI sangat populer dengan layanan freenya membangun komunitas berbagi Ensiklopedia tentang apapun termasuk Moto yang sudah saya sebutkan tadi telah pula ada kontributor yang menjelaskannya. Coba kita lihat maknanya satu persatu per angkatan perang.

Angkatan Laut (AL) dengan Mottonya Jalesveva Jayamahe.

Disadur dari Wiki , seringkali diterjemahkan dengan kalimat: “Di Lautan Kita Jaya”. Sebenarnya ungkapan ini berasal dari Bahasa Sanskerta; “Jales.eva Jayamahe” dan bisa dianalisa sebagai berikut:

  • jales.veva terdiri dari dua bagian: jales.u dan eva. Jales.u berasal dari kata dasar jala (maskulinum) yang berarti air dan jales.u adalah bentuk pluralis, lokativus dan secara harafiah bisa diterjemahkan sebagai: “di air-air”.
  • eva adalah sebuah partikel emfatik dan bisa diterjemahkan dengan kata “-lah”.
  • jayamahe, berasal dari kata kerja (verbum), ji, yang dikonjugasi menurut waktu presens, persona ketiga pluaralis dalam modus indikatif dan secara harafiah bisa diterjemahkan sebagai: “kita berjaya”.

Jadi kalimat ini secara harafiah artinya adalah: “Di air-airlah kita berjaya!” , Mudah-mudahan gak Cuma di air saja AL Jaya, tapi juga di setiap lini bela bangsa akan selalu jaya.

Angkatan Udara (AU) dengan Mottonya Swa Bhuwana Paksa.

Versi  Wiki : Semboyan TNI-AU adalah bahasa Sansekerta Swa Bhuwana Paksa yang berarti “Sayap Pelindung Tanah Airku”.   sedangkan versi Pak Budi   Kata kata Swa Bhuana Paksa adalah sumbangan pikiran Prof. Dr. R. Ng. Poerbacaraka, ahli bahasa Sansekerta dan Jawa Kuno, yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti ‘Sayap Tanah Air’.   Kata Swa, berasal dari kata Sva’ yang berarti ‘ku sendiri’ (my own).    Kata Bhuana berasal dari kata bhuvana yang artinya ‘dunia’ atau ‘tanah air’.   Kata Paksa (dibaca Paksya), berarti ‘sayap’ atau ‘pembela/pelindung’.   Dengan demikian, Swa Bhuana Paksa adalah Sayap Tanah Air, Pelindung/Pembela Tanah Airku.

Yak lagi lagi bahasa Sansekerta digunakan sebagai Motto AU Republib kita.

Angkatan Darat (AD) dengan Mottonya Kartika Eka Paksi.

Lambang dan semboyan pada panji Angkatan Darat, Kartika = Bintang ; Eka = Satu ; Paksi = Burung, yang berarti burung perkasa tanpa tanding menjunjung cita-cita luhur. Maksudnya Angkatan Darat yang kuat sentosa menjunjung cita-cita luhur, ialah keluhuran nusa dan bangsa dan keprajuritan sejati. Dan lagi lagi bahasa Sansekerta yang menjadi acuan.

Menarik bukan??  rupanya sesepuh sesepuh kita  zaman dahulu merupakan Filsuf canggih pada zamannya,  mereka tetap berpegang pada akar kebudayaan asli menciptakan slogan ringkas nan penuh makna.

Nah sekarang saya akana mencoba membuat sebuah slogan dari bahasa Sansekerta,  akhirnya saya menemukan kombinasi  “Marta Mukti Pesu Samata” mengacu dari kamus besar Sansekerta di alamat http://alangalangkumitir.wordpress.com/kamus-sansekerta-indonesia, dengan makna sebagai berikut.

Marta : Kehidupan
Mukti : Mulia
Pesu  : diusahakan dengan sungguh-sungguh
Samata : benar

Apabila dirangkai menjadi  “Kehidupan yang mulia dicapai dengan sungguh-sungguh menegakkan kebenaran” , yah setidaknya itulah yang terfikir oleh saya saat ini , bagaimana dengan Anda ?????????

  1. August 14, 2014 at 6:48 am

    Admiring the hard work you put into your website and detailed information you
    provide. It’s nice to come across a blog every once in a
    while that isn’t the same old rehashed information. Great read!
    I’ve saved your site and I’m adding your RSS feeds to my
    Google account.

  1. November 15, 2011 at 1:30 am
  2. November 15, 2011 at 1:36 am
  3. November 15, 2011 at 2:26 am
  4. November 15, 2011 at 2:45 am
  5. November 15, 2011 at 3:11 am
  6. November 15, 2011 at 3:43 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: