Home > Blogosphere > Jam 11 Tanggal 11 Bulan 11 Tahun 2011 SEA Games Dibuka

Jam 11 Tanggal 11 Bulan 11 Tahun 2011 SEA Games Dibuka


PALEMBANG, KOMPAS, com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Jumat  pukul 19.00-23.00 WIB dijadwalkan membuka SEA Games Ke-26 di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. Kepala Negara yang didampingi Ani Yudhoyono telah berada di Palembang sejak Kamis sore dan pada Kamis malam menyempatkan diri menyaksikan geladi bersih pembukaan pesta olahraga se-Asia Tenggara itu. Turut serta dalam rombongan Presiden, antara lain, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.

Pembukaan SEA Games Ke-26 bertema “Harmoni in Victory” berdurasi sekitar tiga jam diawali dengan pagelaran kolosal kesenian selama satu jam di tengah lapangan Stadion Utama Gelora Sriwijaya.

Pergelaran kesenian itu terbagi atas lima babak, yaitu The Journey Begins, Musi: The Heart of the City, dan Sriwijaya: The Golden Peninsula, yang menceritakan sejarah Kerajaan Sriwijaya, serta Merajut Nusantara, dan Meraih Impian.

Setelah pergelaran kesenian, Agnes Monica akan tampil di panggung untuk mengumandangkan lagu SEA Games berjudul “Together We Will Shine”.

Setelah itu, dilanjutkan pertunjukan parade atlet peserta SEA Games yang terdiri atas 400 atlet yang melakukan defile ke tengah lapangan.

Setiap negara peserta SEA Games Ke-26 memasuki lapangan diawali oleh parade mobil hias yang berbentuk ikon terkenal dari setiap negara secara berurutan berdasarkan abjad yang dimulai dari Brunei, Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina, Singapura, Timor Leste, Thailand, Vietnam, dan Indonesia selaku tuan rumah.

Setelah defile atlet, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng akan memberikan sambutan dan dilanjutkan Ketua The Indonesia South East Asian Games Organization Committee (Inasoc) sekaligus Ketua Southern Asian Games Federation Rita Subowo, yang diakhiri sambutan Presiden Yudhoyono sekaligus mendeklarasikan dibukanya SEA Games Ke-26.

Setelah itu, enam mantan atlet Indonesia, yaitu Robby Darwis, Pino Bahari, Richard Sam Bera, Winarni, Juana Wangsa Putri, dan Emma Tahapary, akan menaikkan bendera The South East Asian Games Federation.

Unik

Puncak acara pembukaan adalah kedatangan api SEA Games Ke-26 yang telah diarak mengelilingi beberapa provinsi Indonesia sejak 23 Oktober 2011. Api itu akan dibawa oleh Alan Budikusuma dan Yayuk Basuki untuk diserahkan kepada Susy Susanti yang akan menyalakan kaldron SEA Games Ke-26.

Penyalaan api kaldron oleh Susy Susanti cukup unik dan menarik karena mantan atlet bulu tangkis peraih emas olimpiade itu melakukannya dari perahu dekorasi yang diletakkan di tengah lapangan.

Susy terlebih dahulu memanjat tangga tali untuk sampai pada tiang kapal, kemudian menggunakan “flying fox” melemparkan lembing yang telah disulut api ke dalam kaldron.

Pembukaan SEA Games Ke-26 akan ditutup dengan persembahan lagu “United & Rising” karangan Presiden Yudhoyono yang khusus diciptakan untuk pembukaan SEA Games oleh Joy Tobing dan pesta kembang api.

Sebelum membuka SEA Games Ke-26, Presiden Yudhoyono direncanakan pada pukul 14.00 WIB meninjau fasilitas dan meresmikan kompleks olahraga Jakabaring seluas 325 hektar yang terluas di Asia Tenggara itu.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: