Home > World Of Academic > Pasar Makelar “Pembuatan Makalah Jurnal S1” akankah ??????

Pasar Makelar “Pembuatan Makalah Jurnal S1” akankah ??????


Terobosan baru DIRJEN Dikti menyoal ketertinggalan kuantitas publikasi ilmiah negara Indonesia yang kita cintai ini, melalui surat edaran bernomor  152/E/T/2012 , maka terhitung mulai Agustus 2012 untuk jenjang  S-1, S-2, dan S-3 wajib “Memproklamirkan” karya ilmiahnya, dengan ketentuan sebagai berikut;

  1. Untuk lulus program Sarjana harus menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah.
  2. Untuk lulus program Magister harus telah menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah nasional, diutamakan yang terakreditasi Dikti.
  3. Untuk lulus program Doktor harus telah menghasilkan makalah yang diterima untuk terbit pada jurnal internasional.

Pro dan Kontra lantas bergulir menyikapi kebijakan baru ini, gerbong yang pro menganggap bahwa seharusnya memang dari dulu dibuat demikian sehingga takaran para lulusan dari Universitas memang di akui tingkat keilmuannya, minimal  hasil   publikasinya diakui dan direview pada tataran assesor jurnal meskipun jurnal ilmiah lokal, lain halnya dengan gerbong yang kontra mereka concern pada mempertanyakan kesiapan students dan institusi untuk mensupport kebijakan ini, apakah infrastruktur IT siap ?? , apakah SDM pengelola jurnal siap ??, apakah topik penelitian mahasiswa layak?? , terutama untuk level S1 apakah ada jaminan free Plagiat ?? , belum lagi kasus begitu mudahnya  beberapa PTS (Perguruan Tinggi Swasta) meluluskan ribuan alumni dengan kualitas yang masih dipertanyakan ?? ,  di Level daerah apakah sudah mumpuni Laboratorium pendukung riset ini ?? , dan prediksi TERPARAH adalah akan tumbuh pasar makelar  “pembuatan makalah jurnal S1” , lantas siapakah yang akan bertanggung jawab ??.

Bagi saya pribadi sangat mendukung terhadap kebijakan ini, karena kualitas pendidikan menjadi lebih terukur, tentunya juga akan memacu persaingan sehat antar students dan berlomba membentuk peer groups research lintas Universitas yang selama ini gregetnya sedikit sekali kita rasakan.

Let’s see what will happen!!!!

  1. February 3, 2012 at 5:10 am

    ini lahan bisnis:
    [1] bisnis kursus “academic writing”
    [2] bisnis kursus LaTeX

  2. February 3, 2012 at 12:22 pm

    satu lagi bisnis:
    [3] bisnis proof reading.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: