Home > World Of ICT > Bagaimana menjadikan Blackberry 9300 Curve 3G sebagai modem di Laptop atau Komputer

Bagaimana menjadikan Blackberry 9300 Curve 3G sebagai modem di Laptop atau Komputer


Jujur saya bukanlah pengguna (*Apalagi Fans) BlackBerry, HP yang saya gunakan adalah Samsung (OS Win Mobile 6-GarminInstalled), Samsung Galaxy S (OS Android-JavaApps), Nexian (HP TV), entah mengapa sepertinya BlackBerry begitu booming di Indonesia, termasuk istri saya itu tuh… salah satu pengguna (*Baca Fans) Doi menggunakan jenis Blackberry 9300  Curve 3G,  sampe sampe istri bilang “Kalau beli BB itu pah ya, yang dibeli Komunitas BBM, itu tuh yang buat canggih” , hmmm okelah memang sejauh ini nilai jual BlackBerry ada pada layanan Blackberry Messenger (BBM), tanpa BBM BB bukanlah suatu apa-apa (Lihat kasus BlackBerry Pad tanpa BBM : Nol Besar).

Nah yang saya gak abis pikir …. itu HANGPhone…. upss sori Handphone maksudnya😀 , bisa ngehang lebih dari 3 kali sehari (Lebih lebih kayak minum Obat :-p ), padahal beli baru grass bongkar kardus kok ya sering ngehang gitu (Bijimane Kalo Beli Sekenan ??) , kalo sudah Hang biasanya istri melakukan hardreset dengan mencabut Batery-nya, lalu tunggu beberapa JAM menit agar itu BB bisa digunakan lagi, padahal aplikasinya cuma dipake untuk BBM tok, kok bisa sering Crash Gitu, makanya wajar kalao BB saya katakan sebagai HANGPhone (dalam arti hang yang sesungguhnya), tambah deh tuh poin minus buat saya males koleksi BB.

Udah ah acara review ini Barang, sekarang muncul pertanyaan, bisakah seandainya BB ini kita jadikan sebagai modem lalu berinternetan menggunakan Laptop atau Komputer ?? , OfCourse tentu saja bisa sodara-sodara, syaratnya adalah paket BB anda sudah bundling menjadi paket Internet Unlimited, kebetulan istri menggunakan paket bulanan BB Internet Unlimited dari Telkomsel , 125 Rebu perbulan kalo gak salah.

Langkah pertama adalah Download aplikasi BlackBerry Desktop dari Official Sitenya, untuk Indonesia bisa akses alamat berikut  http://id.blackberry.com/services/desktop/ download aplikasi BlackBerry Desktop, total size nya cukup besar 118 MByte kalo gak salah. Jika sudah download install aplikasi tersebut, perlu diingat selama prosesi install berlangsung PC/Laptop anda harus terhubung ke Internet untuk verifikasi instalasi Software BB Desktop ke RIM, saya menggunakan modem USB Flash sebagai modal koneksi internet pertama selama instalasi berlangsung. Ingat jika tidak terhubung ke internet maka proses instalasi SOftware tidak akan berhasil.

Jika SOftware BB Desktop berhasil, cabut modem Flash tadi lalu jalankan aplikasi BB Desktop, dan colokkan BB anda maka dengan serta merta BB Desktop akan mengenali perangkat BB Tsb, dan menyiapkan driver aplikasi yang bersesuaian. di saya kira-kira tampak aplikasinya sebagai berikut.

Jika sudah sampai disini anda tinggal klik menu tool>Mobile Internet , lalu isikan parameter sesuai dengan paket BB Unlimited anda, disaya karena menggunakan Telkomsel, maka saya pilih profile Telkomsel. lalu klik Save/OK. Beres dah tuh jika sukses maka akan tampil dipojok kiri bawah aplikasi bahwa Internet Mobile Connected, lalu cek dari PC apakah sudah bisa query keluar.

C:\Users\gigihfordanama>tracert www.google.com

Tracing route to www.l.google.com [74.125.235.20]
over a maximum of 30 hops:

  1   110 ms    94 ms   101 ms  192.168.1.1
  2    93 ms   257 ms   110 ms  192.168.1.11
  3   109 ms   100 ms    97 ms  192.168.4.36
  4   100 ms   201 ms    97 ms  192.168.4.36
  5   131 ms   199 ms     *     192.168.1.11
  6   108 ms    99 ms   100 ms  192.168.4.196
  7   306 ms   321 ms   316 ms  ix-7-3-0-501.tcore1.SVW-Singapore.as6453.net [180.87.12.97]
  8  1800 ms   889 ms   999 ms  if-2-0-0.core1.SVQ-Singapore.as6453.net [180.87.12.18]
  9  2608 ms     *        *     Vlan1107.icore1.SVQ-Singapore.as6453.net [120.29.214.2]
 10   258 ms   299 ms   299 ms  72.14.223.201
 11   178 ms   179 ms   198 ms  209.85.243.158
 12   131 ms   118 ms   139 ms  72.14.233.179
 13   128 ms   141 ms   137 ms  sin01s04-in-f20.1e100.net [74.125.235.20]

Trace complete.

C:\Users\gigihfordanama>tracert www.google.com

Tara sekarang anda sudah bisa Browsing menggunakan Laptop/PC.

Download lumayan kenceng dapetlah 300Kbps,

Kiat Sukses Menjadi Seorang Network Engineer

  1. October 3, 2012 at 5:08 am

    maknyus banget kecepatannya.. pake apa sih kartunya?

  2. October 28, 2012 at 5:01 am

    apakah kecepatan ini akan tetap seperti itu, atau akan turun pada pemakaian tertentu??

  3. nindya
    November 1, 2012 at 5:07 pm

    Waduh.. Itu memori yg kepake gede bangeet..
    Kalo memori ga cukup ya ga bisa nginstall dong?

    • November 2, 2012 at 7:15 am

      installnya di PC/Laptop bukan di BB nya mbak Nin🙂, resource pc/laptop cukuplah

  4. November 28, 2012 at 5:55 am

    Mas, saya sudah instal Blackberry Desktop, dan berhasil. Namun, saya coba beberapa kali, tetap tidak bisa, dan BB saya Curce 9300 sudah terdeteksi sebagai modem (di screen BB tertulis Modem Enable). Saya mencoba buka google.com, sangat lama dan tetap tidak bis aterbuka. Saya menggunakan provider Indosat. Kira-kira masalahnya dimana ya Mas? mohon solusinya. terima kasih.

    • November 28, 2012 at 3:32 pm

      Pertama pastikan dulu anda berlangganan servis paket data BB, baik yg harian, mingguan atau bulanan. Jika anda hanya berlangganan paket BBM saja, ya sudah bisa dipastikan tidak handset BB tidak dapat difungsikan sebagai modem.

      Apabila anda merasa sudah berlangganan paket data BB, maka pilih option pada provider dengan pilihan INDOSAT, apabila sudah terhubung maka akan ada tulisan connected dibagian bawah aplikasi.

      Untuk memastikan apakah sudah terhubung ke internet, maka perlu coba cek IP address yg didapat. Caranya

      Starmenu>commandprompt>ketik run
      kemudian akan muncuk menu console
      lalu ketik ipconfig

      C>:ipconfig

      maka akan muncul paramater IP yg didapat dari provider.

      untuk cek koneksi tersambung atau tidak ketik perintah berikut

      C>tracert http://www.google.com

      Semoga Membantu

  5. December 19, 2012 at 4:43 pm

    thanks…
    akhirnya kini saya bisa koneksi internet dengan bb….

  6. quinsa
    January 8, 2013 at 11:52 pm

    Kalo bb nge hang berarti memori aplikasinya gak cukup. Jgn sering2 hard reset. Sediain pembersih memori di home. Install jg aplikasi quickpull contohnya. Supaya bs reset tanpa cabut baterai. Kalo bb udh agak lemot berarti minta reset. Klik reset now dr quickpull. Quickpull jg bs kasi warning memori kt tinggal sedikit sesuai setelan yg kita mau. Kalo memori cm 20mb tersisa minimal satu hari sekali resetnya.

    • January 9, 2013 at 3:26 am

      Trims tips nya, akan saya sampein ke istri, karena saya bukan pengguna BB😀

  7. Ari
    March 12, 2013 at 2:04 am

    Itu kecepatannya 46 kbps pak bukan 300…
    saya pakai bb curve 9300 yng 3g trus pakai xl 3g hotplus
    kecepatannya maknyus deh pling kenceng sih daerah banjarmasin 350 kbps kalo daerah jakarta mungkin bisa mencapai 400an lebih
    cuma itu sih ty

  8. Danial S
    August 23, 2013 at 11:05 am

    Daerah Dumai-Riau Pake XL Muanteb Bro…

  9. eka
    September 2, 2013 at 8:26 am

    Jadi harus modal dulu modem ya ??

  10. fery
    November 4, 2013 at 2:55 pm

    gan perlu di paketin data internet nya gak selain paket bb unlimited nya…?terus pulsa reguler kita ke potong gk…?

  11. Dayen
    May 28, 2014 at 5:46 pm

    Pak stelah bb desktop diinstal kok hp BB saya gk terdeteksi di PC ya?mhon bantuannya🙂

  12. Adin Geraldi
    June 7, 2014 at 9:05 am

    pasti pake telkomsel kan

  13. Rohmad
    July 6, 2014 at 10:24 pm

    gan itu kecepatannya kok cuman 46.627 kb / second . itu kan lemot bukannya cepet gan. saya aja download sampai 350.000 kb/sec pake bb 9300. itu aja masih lelet

  14. November 3, 2014 at 3:07 pm

    Tipsnya bagus niih. Cm ktk tak coba kok diiminta username dan. Password. Sy hrs isi apa y? Sy jg pengguna paket fullservis dr telkomsel. Mhn bantuannya.. Tq.

  15. February 11, 2015 at 1:44 pm

    bb payah itu hengpone bukan handpone

  16. February 14, 2015 at 7:01 pm

    gan, saya pengguna provider indosat. blackberry desktop software hingga penyinkronan sudah mantap, tp saat saya mau nyoba nyambungin buat koneksi internetnya kok gak bisa” ya.? pojok kiri bawah muncul tulisan “A connection to the remote computer could not be established because the modem was not found or was busy”.

  17. ayus irfang filaras
    June 6, 2015 at 3:13 am

    Sejauh saya pakai BB itu handphone yang paling tercagih menurut saya, walaupun memang agak bikin kesel, BB saya 9300 suka nutup sendiri klo lagi browsing, tapi solusinya cukup pakai opera web browser,

    Kenapa saya bilang canggih???
    Dengan paket BB fun yang harganya cuma Rp.30.000/ bulan, bisa download sesuka hati kita, kalau diitung” saya sudah download mungkin lebih dari 4 gb, karena saya tidak menghitung, saya suka nonton film di filmbagus.com yang menyita bandwitch sampai 350 Mb, nah tinggal dikalikan saja setiap harinya saya nonton 4 film, nah total bisa nyampe 10 gb lebih bukan

    Jarang banget buffer, paling sekali” ( kembali kejaringannya )

    Sekarang kalau pakai android/ yang model kuota, berapa banyak kuota yang kalian habiskan untuk menikmati semua itu,

    Kalau menurut saya, bb jadi modem itu hal yang percuma, karena dari hpnya saja kecepatan internet itu minim”nya dapet 50 kbps, itu karena jaringan 3G yang kita dapat buruk, tapi untuk daerah yang bagus sinyal 3Gnya, bisa sampai 150 kbps bahkan lebih, dan turun paling minim 100 kbps, dan itu cuma sebentar ntr naek lagi,

    Percaya atau tidaknya kalian saya download windows xp sp3 ukuran file 689 Mb, dan ms office 2007 584 Mb, dan semuanya berhasil paling lama menunggu 2 atau 3 jam,

    Tapikan nda usah ditungguin, sambil kita chat, fb, bbman, eh tahu” dah kelar apa nda enak,

    Salam dari pengguna kartu AXIS

    • June 11, 2015 at 5:14 am

      Kalau bahas kecepatan akses internet, memang sangat “relatif” sekali, kalau tadi ayus bilang bahwa AXIS speednya cepat, coba deh kartu AXIS nya dibawah ke Bandar Lampung, rasa-rasanya dapet sinyal saja masih untung🙂 , kalau memang ayus menyatakan BB adalah perangkat paling canggih, silahkan dan boleh boleh saja, kalau saya sekarang pakai perangkat yg betul betul smart, bisa menunjang aktifitas pekerjaan🙂

  18. ahmadfaidurrahmani
    September 4, 2015 at 11:23 am

    Apa bisa onyx 2 di jadikan modem juga gan?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

