Home > World Of Academic > Beasiswa Pemerintah Jepang (MONBUKAGAKUSHO) Program Research Student 2013

Beasiswa Pemerintah Jepang (MONBUKAGAKUSHO) Program Research Student 2013


Sharing tentang informasi lowongan beasiswa Monbukagakusho untuk tahun 2013 dari kedubes Jepang dengan info selengkapnya http://www.id.emb-japan.go.jp/news12_06.html , saya sangat berkeinginan bisa mendapatkan beasiswa ini, mudah-mudahan nanti ada jodohnya setelah selesai studi program Master lanjut ke program Doktoral ke Jepang. Amin.

1. Mulai dari 2 April, Kedutaan Besar Jepang akan membuka penawaran beasiswa kepada mahasiswa/mahasiswi Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di universitas di Jepang sebagai research student pada tahun akademis 2013 (April 2013 – Maret 2014) dalam Program Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho).

2. Peminat pada waktu menjalani research student diperbolehkan melamar ke program degree (master/doctor/professional graduate course) atau meneruskan program doctor degree setelah menyelesaikan program master degree atau professional graduate course, apabila lulus seleksi tes ujian yang diberikan oleh universitas yang bersangkutan.

3. Persyaratan untuk melamar, sbb:
(1) Pelamar lahir pada dan setelah tanggal 2 April 1978
(2)  IPK dari universitas tempat belajar terakhir minimum 3,0 atau nilai EJU (Examination for Japanese University Admission for International Students) minimum 260 dalam jumlah 2 mata ujian tidak termasuk Bahasa Jepang.
(3) Nilai TOEFL minimum 550 atau ekuivalen atau lulus Tes Kemampuan Bahasa Jepang Tingkat 2

4. Selain tiket pergi pulang, uang masuk universitas, uang kuliah yang dibiayai dengan beasiswa Monbukagakusho, para mahasiswa akan menerima uang setiap bulannya sebanyak 143.000 yen untuk biaya kehidupan sehari-hari.

5. Formulir pendaftaran dapat diambil secara gratis di Kedutaan Besar Jepang (Bagian Pendidikan, pukul 08:30-12:00, 14:00-15:30), Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya dan Medan. Formulir pendaftaran juga dapat diperoleh pada website Kedutaan Besar Jepang (http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs.html). Dokumen lamaran harus dikembalikan kepada Kedutaan Besar Jepang sebelum tanggal 2 Mei 2012, dapat diserahkan secara langsung atau dikirim melalui pos.

6. Keterangan lebih lanjut mengenai program beasiswa ini dapat diperoleh di Kedutaan Besar Jepang (Bagian Pendidikan: Tel: 021-3192.4308 psw: 175, 176).

7. Pada tahun akademis 2012, sebanyak 30 orang mahasiswa telah lulus ujian dan berangkat ke Jepang sebagai research student dengan rekomendasi dari pihak Kedutaan (selain itu, sebanyak 86 orang mahasiswa direkomendasikan oleh universitas). Sehingga, total sebanyak 160 orang mahasiswa, termasuk program lainnya, telah berangkat ke Jepang pada tahun lalu. Pada saat ini, sebanyak 2.162 orang mahasiswa sedang belajar di Jepang dan di antaranya 632 orang merupakan mahasiswa penerima beasiswa Monbukagakusho.

Informasi lebih lanjut 

Form dapat didownload di link di bawah ini :
– Application Form   (doc file 96kb)
– Field of Study and Study Program   (doc file 33kb)
– Recommendation Form   (doc file 40kb)

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: