Home > Blogosphere > Sehatnya bersepeda di kampus Depok

Sehatnya bersepeda di kampus Depok


Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, terletak di Kota Depok, Jawa Barat , dibangun pada pertengahan tahun 1980-an untuk mengakomodasi modernisasi universitas. Saat ini, Kampus Depok adalah kampus utama Universitas Indonesia. Sebagian besar fakultas di UI (MIPA, Teknik, Psikologi, Hukum, Ekonomi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Pengetahuan Budaya, Ilmu Komputer, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan) berada di sini. Kampus Depok dilewati oleh rel kereta Jakarta-Bogor sehingga mahasiswa mendapatkan kemudahan transportasi.

Perpustakaan Pusat Universitas juga terletak di sini. Selain itu terdapat pula berbagai fasilitas lain seperti Pusat Administrasi Universitas, Pusat Kegiatan Mahasiswa, gymnasium, stadion, lapangan hoki, penginapan (Wisma Makara), agen perjalanan Makara Tour & Travel, dan asrama.

Dengan luas areal sekitar 300 hektar, tentu saja untuk menjelajah seluruh area kampus menjadi satu persoalan sendiri, bagi yang memiliki kendaraan pastinya gampang saja tinggal memacu kendaraan dan sampai ke tempat tujuan. Namun pihak kampus juga telah menyediakan transportasi publik yang bisa digunakan secara gratis, yaitu menggunakan Bis Kuning (Biku) atau bisa menggunakan  sepeda kuning, kedua layanan transportasi ini disediakan secara gratis bagi civitas akademika, untuk Biku sendiri telah dibangun beberapa shelter, utamanya di depan pintu masuk pada hampir semua fakultas.

Shelter sepeda kuning pun juga bisa ditemui pada semua Fakultas, kita dapat menggunakan sepeda secara bebas hanya dengan menunjukkan KTM dan petugas akan mencatat identitas kita sebagai arsip pengguna harian. Wah..wah..wah sangat membantu sekali, selain sehat tentu saja sangat menghemat waktu tempuh dari satu titik ke titik lainnya dibanding jika harus berjalan kaki.  Dan menariknya antar shelter fakultas dihubungkan melalui rute sepeda yang dibangun khusus dengan arteri jalan yg cukup lega untuk dilalui oleh 4 sepeda secara bersamaan, sepanjang jalus khusus sepeda tersebut juga dirindangi oleh pohon pohon besar sehiingga apabila kita menggoes sepeda pada siang hari, teriknya panas matahari tidak begitu terasa.

Semoga saja,  model ini juga turut menginspirasi Universitas lain untuk menggalakkan program bersepeda dikampus, utamanya di kampus Unila tempat saya bekerja, Amin.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: