Home > World Of ICT > Pemilihan Architecture Enterprise Framework

Pemilihan Architecture Enterprise Framework


Untuk  memilih  sebuah  arsitektur  enterprise  framework  terdapat  kriteria yang berbeda yang bisa dijadikan sebagai acuan (Setiawan 2009), yaitu:

  • Tujuan dari arsitektur enterprise dengan melihat bagaimana definisi arsitektur dan pemahamannya, proses arsitektur yang telah ditentukan sehingga mudah untuk diikuti, serta dukungan terhadap evolusi arsitektur.
  • Input untuk aktivitas arsitektur enterprise seperti pendorong bisnis dan input teknologi.
  • Output dari aktivitas arsitektur enterprise seperti model bisnis dan desain transisional utnuk evolusi dan perubahan.
  • Framework merupakan sebuah bagian penting dalam pendesainan arsitektur enterprise yang seharusnya memiliki kriteria: Kiat Sukses Menjadi Seorang Network Engineer

a) Reasoned. Framework yang masuk  akal   yang dapat memungkinkan pembuatan arsitektur yang bersifat deterministik ketika terjadi perubahan batasan dan tetap  menjaga  integritasnya  walaupun  menghadapi  perubahan  bisnis  dan teknologi serta demand yang tak terduga.

b) Cohesive.Framework yang kohesif memiliki sekumpulan perilaku yang akan seimbang dalam cara pandang dan ruang lingkupnya.

c)  Adaptable  Framework. Haruslah  bisa  beradaptasi  terhadap  perubahan  yang  mungkin sangat sering terjadi dalam organisasi.

d)  Vendor-independent. Framework  haruslah  tidak  tergantung  pada  vendor  tertentu  untuk  benar- benarmemaksimalkan benefit bagi organisasi.

e)  Technology-independent. Framework haruslah tidak tergantung pada teknologi yang ada saat ini, tapi dapat menyesuaikan dengan teknologi baru.

f)    Domain-neutral.  Adalah  atribut   penting   bagi  framework  agar   memiliki  peranan  dalam pemeliharaan tujuan organisasi.

 g)  Scalable. Framework haruslah beroperasi secara efektif pada level departemen, unit bisnis,   pemerintahan   dan   level   korporat   tanpa   kehilangan   fokus   dan kemampuan untuk dapat diaplikasikan.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: