Home > World Of ICT > Zachman framework

Zachman framework


Zachman framework merupakan salah satu kerangka kerja yang digunakan untuk  mengembangkan  arsitektur  enterprise  yang  diperkenalkan  oleh  John Zachman sejak tahun 1987. Ia menemukan bahwa dokumen-dokumen enterprise itu bermacam-macam, ada yang berbentuk teks, diagram, gambar dan lain-lain. Dokumen-dokumen  ini kadang  menjelaskan  hal  yang  sama  namun dari sudut pandang  yang  berbeda.  Agar  dokumen  tersebut  dapat mudah  dipahami  dan dikelola,  maka  Zachman  mengusulkan  agar  dokumen  tersebut dikelompok- kelompokkan.  Kerangka  kerja  Zachman  merupakan  suatu  alat  bantu  yang dikembangkan untuk memotret arsitektur organisasi dari berbagai sudut pandang dan  aspek, sehingga  didapatkan  gambaran  organisasi  secara  utuh .Pada dasarnya kerangka kerja Zachman sebagai alat bantu berpikir (Zachman1996),   yang   dapat   membantu arsitek   dan   manager   dalam   mengisolasi, memodulasi, dan memetakan masalah sehingga menjadi lebih sederhana, lebih mudah dipahami dan lebih fokus. Kerangka kerja Zachman tidak harus digunakan untuk keseluruhan enterprise secara seketika karena akan memakan terlalu banyak waktu dan biaya. Penggunakan kerangka kerja ini dapat dilakukan secara bertahap berbasis pada  pendekatan  “sepotong-sepotong”.  Ini  berarti  memecah  proyek arsitektur enterprise menjadi proyek  berdasarkan skala prioritas.

Zachman framework terdiri dari 6 (enam) kolom dan 6 (enam) baris. Tiap baris menyajikan perspektif dari sudut pandang perencana (planner), pemilik (owner),   perancang (designer), pengembang (builder), subkontraktor (sub-contractor) dan functioning enterprise. Tiap kolom merepresentasikan fokus, abstraksi, atau topik arsitektur enterprise, yaitu: data, fungsi, jaringan, manusia, waktu, dan motivasi. Secara rinci, setiap baris dalam kerangka kerja Zachman merepresentasikan perspektif berikut:

  • Perencana (planner): menetapkan konteks, latar belakang, dan tujuan.
  • Pemilik (owner): menetapkan model konseptual dari enterprise.
  • Perancang  (designer): menetapkan model sistem informasi sekaligus menjembatani   hal yang diinginkan pemilik dan hal yang dapat direalisasikan secara teknis dan fisik.
  • Pengembang  (builder):  menetapkan model teknis dan fisik  yang digunakan dalam mengawasi penerapan  teknis dan fisik.
  • Subkontraktor  (sub-contractor):  menetapkan  peran  dan  rujukan  bagi  pihak yang bertanggung jawab untuk melakukan pembangunan sistem informasi.
  • Functioning  enterprise:  merepresentasikan  perspektif  pengguna  dan  wujud nyata hasil penerapan. Kiat Sukses Menjadi Seorang Network Engineer


Dan untuk tiap kolom dalam kerangka kerja Zachman merepresentasikan fokus, abstraksi atau topik arsitektur enterprise, yaitu:

  • What (data). Menggambarkan  kesatuan  yang  dianggap  penting  dalam  bisnis.  Kesatuan tersebut adalah hal-hal yang informasinya perlu dipelihara.
  • How (function). Mendefinisikan fungsi atau aktivitas. Input dan output juga dipertimbangkan di kolom ini.
  • Where (networks). Menunjukkan lokasi geografis dan hubungan antara aktivitas dalam organisasi, meliputi lokasi geografis bisnis yang utama.
  • Who (people). Mewakili manusia dalam organisasi dan metric untuk mengukur kemampuan dan kinerjanya. Kolom ini juga berhubungan dengan antar muka pengguna dan hubungan antara manusia dan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
  • When (time). Mewakili waktu atau kegiatan yang menunjukkan kriteria kinerja. Kolom ini berguna untuk mendesain jadwal dan memproses arsitektur.
  • Why (motivation). Menjelaskan motivasi dari organisasi dan pekerjanya. Disini terlihat tujuan, sasaran,      rencana            bisnis,   arsitektur          pengetahuan,     alasan pikiran    dan pengambilan keputusan dalam organisasi.

Categories: World Of ICT Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: