Home > World Of Academic > Diperjalankan-Nya hingga ke Malaysia

Diperjalankan-Nya hingga ke Malaysia


Tak terasa kini tengah memasuki awal tahun 2014, tahun yang baru tentu semangat pun juga harus diperbaharui🙂 , posting perdana saya  akan mengulas tentang kisah perjalanan singkat saya di negeri jiran Malaysia. Kisah ini diawali ketika ada undangan dari Aruba APJ (Asia Pacific and Japan) ke Universitas Lampung untuk kegiatan site visit dan customer conference se-Asia Pasific yang digelar selama 3 hari di Malaysia. Kebetulan pimpinan Unila mengutus saya dan pak Lukmanul Hakim untuk turut berpartisipasi pada even ini, informasi dari panitia kegiatan rupanya tidak hanya perwakilan Unila saja yang diundang, ada juga perwakilan dari UI, ITS, UNPAD, UNTAN, etc.

Kegiatan hari pertama (8 Januari 2014)

Saya tiba di Bandara KLIA (Kuala Lumpur International Airport) pukul 08.40 AM (waktu malaysia), ini kali pertama saya menginjakkan kaki di bandara KLIA dan merasakan nuansa ‘internasional’ disana , suasana dan layanan bandara mirip dengan bandara svarnabhum, narita, changi  namun memang tingkat kepadatan pengunjung tidak seperti ketiga bandara yg saya sebut tadi.  Kalau boleh membandingkan tata kelola bandara KLIA agak lebih baik dibanding dengan bandara SOETA,  tidak terlihat kendaraan parkir sembarangan sehingga kondisi jalan cukup lengang dan tidak semrawut.

Dari Bandara kami dijemput oleh biro perjalanan, yang khusus dipersiapkan panitia dan langsung menuju ke IIUM (International Islamic University Malaysia)  untuk melakukan site visit dan berdiskusi dengan ICT Centre IIUM, yang telah lebih dahulu menggunakan product Aruba sebagai solusi layanan wireless kampus.  Kegiatan  dimulai dengan Sambutan oleh Prof. Mohd. Adam Bin Suhaimi,  Director  of Information Technology Division IIUM ,  kemudian dilanjutkan dengan Paparan Perkembangan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Teknologi Wireless di IIUM oleh Mr. Ahmad Naim bin Hamat serta diskusi dengan Mr. Ahmad Naim bin Hamat (Senior Network Engineer) dan Mr. Sayed Ahmad Fauzi bin Sayed Osman mengenai fase implementasi  Phase 3  Wireless Infrastructure. Dari hasil diskusi rupanya IIUM telah memulai project Aruba sejak tahun 2007, hingga saat ini total ada 2500-an perangkat Access Point (AP) untuk melayani total hampir 27.000 mahasiswa mereka.  Sama halnya dengan perguruan tinggi negeri di Indonesia, pendanaan project ini dibantu oleh pemerintah kerajaan Malaysia. Selesai acara silaturahmi dilanjutkan dengan sesi foto bersama

Fully terpisah

Foto bersama delegasi Indonesia beserta pimpinan/staff IIUM

Kegiatan hari kedua, Aruba Network Partner Summit, Aloft Hotel, Kuala Lumpur. (9 Januari 2014) 

Hari kedua diisi dengan conference and partner summit Aruba Asia Pacific, kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun dan sengaja mengundang partner dari area AP untuk berdiskusi dan sharing mengenai perkembangan dan issue terkini dibidang teknologi wireless networking.  Sesi paparan perkembangan teknologi Wireless terbaru dibawakan oleh oleh Mr. Ken Tong, Senior Engineer, Aruba Network. Banyak membahas bagaimana positioning dan visi mereka untuk memegang pangsa pasar wireless di dunia.

Selepas dari aloft kami bergerak ke Universitas Malaya (UM), acara di Diawali dengan Sambutan Dr. David Asirvatham, Director Pusat Teknologi Maklumat, University of Malaya,  selanjutnya diskusi dan kunjungan ke ruang Server, ruang NOC dan ruang monitoring pusat Teknologi Maklumat UM, berbeda dengan IIUM UM rupanya baru menggunakan sebanyak  1800 access point Aruba untuk melayani pengguna.

Kegiatan hari ketiga,   kunjungan dan diskusi teknis di Cempaka Group of Schools (10 Januari 2014)

Diawali dengan sambutan Ketua Yayasan Sekolah Cempaka Dato’ Dr. Freida Pilus, selanjutnya   paparan perkembangan pemanfaatan Teknologi Informasi di Sekolah Cempaka oleh Dr. Iskandar Rizal Hamza, Diskusi dengan Dr. Iskandar Rizal Hamza, Mr. Hisyam Hamza dan Mr. Ervin Noordin. Menariknya Cempaka School menggunakan platform SCHOOLOGY sebagai platform aplikasi elearning.

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: