Home > Blogosphere > Program Magang di UPT TIK (selama masa liburan sem. ganjil 2015/2016)

Program Magang di UPT TIK (selama masa liburan sem. ganjil 2015/2016)


Program Magang di UPT Puskom (kini UPT TIK) sebenarnya sudah berjalan semenjak tahun 1997-an, konsep program ini pada mulanya adalah dalam rangka menjaring para Mahasiswa yang berpotensi dan memiliki keinginan dan semangat yang TINGGI dalam mempelajari teknologi informasi,  BBS – Unilanet (Bulletin Board Service Universitas Lampung Network) sebagai salah satu divisi dari UPT Puskom mulai menginisiasi perekrutan Mahasiswa dan menjadikan Puskom sebagai “Kawah Candradimuka” bagi para calon Engineer TI yang handal Baca: https://gigihfordanama.wordpress.com/2011/06/28/bbs-unilanet-brief-history-there-is-oldy-vs-anyar/, saya termasuk salah satu kader yang mulai turut bergabung dalam program Magang semenjak tahun 2002, selama periode magang biasanya dilibatkan secara aktif dalam berbagai kegiatan operasional maupun project yang dikelola oleh UPT Puskom. Dahulu program magang ini berjalan dengan apa adanya saja, meskipun demikian sudah banyak menghasilkan alumni alumni yang sudah berkiprah baik di level nasional maupun internasional.

Mulai tahun 2016 ini saya coba sedikit mengembangkan konsep Magang UPT TIK, dengan membuat program FastTrack mirip mirip dengan program Hackathon lah ya, program Magang saya coba buat lebih terstruktur dari sisi materi dengan durasi waktu yang kurang lebih selama 40 hari (sepanjang masa liburan semester ganjil 2015/2016).  Total peserta yang terjaring dalam program Magang tahun 2016 ini adalah sebanyak 13 Orang,  dengan rincian 5 orang dari Teknik Elektro, 6 orang dari Teknik Informatika, dan 2 orang dari Ilmu Komputer.  2 Minggu pertama akan diisi banyak materi dan tentu disertai Workshop, Minggu berikutnya seluruh peserta yang dibagi menjadi beberapa kelompok akan dirotasikan dan ditempatkan pada masing-masing Divisi (4 Divisi) untuk mempelajari tugas pokok dan fungsi sesuai dengan Dokumen ISO yang telah dihasilkan sebelumnya. Diakhir program Magang peserta akan diberikan sertifikat Magang, bagi Mahasiswa yang terpilih dan dinilai baik selama program magang akan ditawarkan untuk ikut serta menjadi Tim pengelola di UPT TIK.

Mudah-mudahan melalui program Magang ini Mahasiswa dapat mengisi waktu liburan mereka dengan baik, dan menjadi ladang amalan yang bermanfaat bagi para Instruktur.

IMG_1385

Foto Bersama UPT TIK dan Peserta Magang

JADWAL

Jadwal penyampaian materi

IMG_1363

Pengarahan dari Ka. UPT TIK

IMG_1365

Sharing/Diskusi program Magang

IMG_20160125_112257

IMG_20160125_112300

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: