Home > World Of Academic > Persiapan Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2016 – Universitas Lampung.

Persiapan Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2016 – Universitas Lampung.


H-1 Pelaksanaan KRTI 2016

k1

Persiapan pelaksanaan Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2016 semakin intens dilaksanakan oleh panitia penyelenggara dari Universitas Lampung. Kota Baru sebagai area pelaksanaan telah dibenahi untuk mendukung pelaksanaan KRTI 2016. “Selain mempersiapkan area pelaksanaan, panitia juga telah melakukan simulasi lomba secara intensif, agar setiap personel memahami semua peraturan lomba untuk 4 divisi lomba, dan terbiasa dengan kondisi perlombaan. Selain itu, simulasi lomba juga sebagai ajang berlatih bagi semua panitia lainnya  agar dapat memahami tugas masing-masing”, demikian disampaikan oleh Ketua Panitia KRTI 2016, Dr.-ing. Ardian Ulvan.

Dari hasil pantauan, arena lomba KRTI untuk masing-masing divisi fixed-wing, VTOL, racing plane, dan technology development, telah mulai dibersihkan dan dirapikan dari berbagai tumbuhan dan alang-alang. Area Balai Adat, sebagai lokasi pembukaan KRTI 2016, telah mulai dibersihkan dan dirapikan, termasuk gedung Balai Adat. Namun demikian beberapa sarana dan prasarana seperti sumber air, supply listrik, toilet, tempat ibadah, dan akses internet, masih belum tersedia. “Kami terus berupaya agar semua kebutuhan sarana dan prasarana dapat tersedia. Pemerintah Provinsi Lampung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan memberikan bantuan sejumlah mobile toilet dan supply air bersih bagi peserta dan pengunjung.  Untuk supply listrik, Manager Distribusi PLN Distribusi mengatakan akan memback-up pasokan listrik dengan mobile generator agar KRTI 2016 dapat berjalan lancar. Untuk pelaksanaan ibadah shalat, panitia akan menggunakan ruang lobby gedung Kantor Gubernur  yang cukup luas. Ruangan ini dapat menampung lebih dari 500 orang, sehingga ibadah shalat Jumat juga dapat dilakukan disini. Persiapan pengadaan akses internet juga telah dilakukan secara intens oleh operator seluler.

k2

Sampai dengan hari Selasa, 22 November 2016, área Kota baru telah mulai diramaikan oleh tim-tim yang akan berlomaba untuk orientasi medan dan berlatih. Selain tim Unila, sebagai tuan, tim KRTI dari Universitas Indonesia juga telah mulai berlatih di area lomba. Demikian juga tim dari Sekolah Tinggi Teknologi Dirgantara (STTD) Yogyakarta, dan beberapa tim lainnya.

Rangkaian acara  KRTI 2016 dimulai tanggal 23 November, dimana registrasi peserta mulai dibuka di lokasi pemukiman peserta KRTI 2016 di Asrama Haji. Selanjutnya akan dilakukan technical meeting antara peserta, panitia lomba, dan tim juri KRTI. Technical meeting dilakukan agar setiap peserta, pelaksana lomba, dan tim juri memiliki pemahaman dan persepsi yang sama tentang aturan perlombaan dan kriteria-kriteria penilaian, sehingga jalannya lomba dapat dilakukan dengan fair. Dalam technical meeting juga akan dilakukan pengundian urutan peserta untuk pelaksanaan lomba di tiap-tiap divisi. Di hari yang sama, pada malam hari akan dilaksanakan Saresehan Pimpinan yang akan dilakukan di ruang rapat utama Gedung Rektorat Unila dan menghadirkan pimpinan perguruan tinggi peserta, tim juri, dan tamu undangan lainnya. Acara ini adalah bentuk penghormatan Pimpinan Unila dalam menyambut tamu-tamu yang hadir, sekaligus musyawarah dan mufakat dalam penentuan tuan rumah KRTI berikutnya. Sedianya, Rektor Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P., akan menyambut dan membuka acara saresehan pimpina nini.

Pembukaan KRTI 2016 akan dilakukan pada hari Kamis, 24 November 2016, jam 09.00 WIB di lokasi lomba di Kota Baru. Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi,  Prof. Dr. Ir. Intan Ahmad, dijadwalkan untuk hadir dan membuka acara tersebut.

Advertisements
Categories: World Of Academic Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: