Home > Blogosphere > Implementasi Remunerasi Kampus Badan Layanan Umum (BLU) Universitas Lampung

Implementasi Remunerasi Kampus Badan Layanan Umum (BLU) Universitas Lampung


Alhamdulillah tahun 2017 ini merupakan tahun ke-2 implementasi Remunerasi di Kampus Universitas Lampung,  terjadi beberapa perubahan kebijakan dalam implementasi di tahun ke-2 ini, terutama penyesuaian pada definisi grading dan persyaratan kinerja pada masing-masing grade, o iya bagi yang belum mengetahui… FYI Unila merupakan institusi pendidikan dengan kategori BLU atau Badan Layanan Umum, sesuai peraturan pemerintah bahwa seluruh instansi dengan kategori BLU wajib memberikan insentif dalam bentuk tunjangan “Remunerasi” kepada seluruh pegawainya.

Remunerasi adalah imbalan kerja, berupa gaji, honorarium, tunjangan  tetap, insentif, pesangon, dan/atau pensiun. Remunerasi diberikan kepada pejabat pengelola, Dewan Pengawas, dan Pegawai BLU berdasarkan tingkat tanggung jawab dan tuntutan profesionalisme, target kinerja, dan presensi .  Besaran tambahan gaji dan insentif kinerja memperhatikan kemampuan keuangan BLU Unila dengan mengacu kepada Anggaran remunerasi yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan yaitu maksimal 40% dari Penerimaan Negaran Bukan Pajak (PNBP) BLU Unila.  Pembayaran remunerasi dilakukan paling lama setiap 6 bulan, dengan asumsi PNS memenuhi Sasaran Kerja Pegawai (SKP) yang sudah direncanakan. Bila target SKP tidak tercapai maka kelebihan pembayaran dikembalikan dengan cara mengurangi insentif remunerasi pada pembayaran periode berikutnya. Bila ada kekurangan pembayaran insentif remunerasi karena pencapaian kinerja yang melebihi target SKP, maka kekurangan pembayaran tersebut dibayar pada periode berikutnya (Sumber, Buku Pedoman Remunerasi Unila, 2017).

Unila  memberikan  remunerasi kepada pejabat pengelola, dewan pengawas, dan pegawai BLU, yang terdiri atas: dosen dengan tugas tambahan, dosen tanpa tugas tambahan, tenaga  kependidikan  berjabatan  struktural,  tenaga kependidikan jabatan fungsional tertentu, tenaga kependidikan jabatan fungsional umum.  Dosen dengan tugas tambahan dan tenaga kependidikan berjabatan struktural adalah dosen dan tenaga kependidikan yang mendapat penugasan sebagai pengelola satuan kerja, unit kerja, sub unit kerja di lingkungan PK-BLU Universitas Lampung  sesuai dengan Organisasi dan Tata Kelola (OTK) dan jabatan lain yang disetarakan sesuai dengan realitas yang terjadi di Universitas Lampung.

Sementara itu, gaji BLU dosen dan tenaga kependidikan yakni tunjangan tetap diberikan kepada pegawai yang memiliki jabatan dan menjalankan tugas dan fungsi berdasarkan klasifikasi struktur yang melekat, sedangkan dosen biasa diberikan gaji berdasarkan grade jabatan fungsionalnya. Khusus untuk dosen dengan tugas tambahan diberikan gaji berdasarkan perbandingan grade jabatan fungsional dan grade jabatan tambahan. Jika grade jabatan tugas tambahan lebih tinggidari grade jabatan fungsional maka gaji yang diberikan didasarkan atas grade jabatan tugas tambahan. Jika grade jabatan fungsional dosen dengan tugas tambahan sama dengan atau lebih tinggi dari grade jabatan tugas tambahannya, maka gaji BLU dosen tersebut adalah gaji grade jabatan fungsionalnya ditambah 15% dari grade jabatan tugas tambahannya  (Sumber, Buku Pedoman Remunerasi Unila, 2017). Tabel dibawah merupakan penjabaran dari beberapa grade jabatan di Unila.

Tabel Skala grading corporate pejabat pengelola BLU, tugas tambahan yang disetarakan, dan pejabat struktural

 

 

GRADE

JABATAN ATAU TUGAS TAMBAHAN YANG DISETARAKAN

JABATAN PEJABAT STRUKTURAL

17

Rektor

16

Wakil Rektor

15

Dekan, Direktur Pascasarjana

14

Wakil Dekan, Ketua Lembaga, Wakil Direktur

Kepala Biro

 

13

Sekretaris Lembaga, Kepala UPT, Ketua SPI , Ketua Badan
Pengelola, Ketua Senat Universitas,
Ketua Jurusan, Ketua Prodi S2 MIH, Ka. PS di FK, Ketua Tim Remunerasi,
Ketua Tim Kerja Rektor, dan Ketua Tim lain yang setara

 

12

Kepala Pusat, Sekretaris Senat Unila, Sekretaris SPI, Sekretaris Badan Pengelola,Sekretaris Jurusan, Sekr. PS S2

MIH, Sekretaris PS di FK,
Ka PS S2 , Ka PS S3, Ketua Bagian
di FH, dan Tim Pengelola Remunerasi

 

Kepala Bagian A

 

11

Ka. PS S1, Ka PS D3, Sekretaris Pusat, Kepala Bagian di FK,
Sekr. Bagian di FH, Sekr
PS S2, dan Sekr PS S3.

 

Kepala Bagian B

 

10

Ketua/Koord.
Bidang di Pusat (LP3M),
Kepala Lab *), Sekr.
Bagian di FK, Koord. Kesekretariatan PS S2/S3, Ketua/Koord
Bidang Badan Pengelola, Ketua Divisi di UPT/SPI,
Tim Pendukung Pelaksanaan Remunerasi, dan Ketua TPMF

 

9

Anggota TPMF (Maks 5 Orang) dan Anggota TPMP (Maks 3 Orang)

 

Kepala Sub Bagian A

8

Kepala Sub Bagian B

 *) Syarat
Ka.Lab yang diakui pada grade 10 yaitu minimal Jabatan Akademik Lektor. Bila
jabatan akademik Ka. Lab di bawah Lektor, maka Insentif Kinerja ditambahkan
10% ke Nilai Insentif Remunerasi tanpa Jabatan Ka Lab.

 

Grade fungsional dosen dan tenaga kependidikan ditunjukkan pada pada Tabel berikut


 

GRADE

TENAGAPENDIDIK
(DOSEN)

 

TENAGA KEPENDIDIKAN

11

Profesor/ Emeritus

10

Lektor Kepala

Jab. Fungsional Tk. Madya

9

Lektor

Jab. Fungsional Tk. Muda

8

Asisten Ahli

Jab. Fungsional Tk. Pertama, Penyelia, Pelaksana Tk. 8

7

Tenaga Pengajar

Jab. Fungsional Tk. Pelaksana Lanjutan, Pelaksana Tk. 7

6

Jab. Fungsional Tk. Pelaksana, Pelaksana Tk. 6

5

Pelaksana Tk. 5

4

Pelaksana Tk. 4

3

Pelaksana Tk. 3

2

Pelaksana Tk. 2

1

Pelaksana Tk. 1

 

GRADE

 

ESSELON

 

NAMA JABATAN

 

UNIT KERJA

 

14

 

II

 

Kepala BUK/ Kepala
BAK/ Kepala
BPHM

BUK/
BAK/ BPHM

 

12

 

III

Kepala
Bagian
Akademik/ Kemahasiswaan/
HTLBMN
dan

Umum/Kepegawaian/
Keuangan/
Perencanaan/ SI
dan

Humas

 

BUK/
BAK/ BPHM

11

III

Kepala Bagian
Tata
Usaha

LPPM/ LP3M/

FEB/ FH/ FKIP/ FP/ FT/ FISIP/
FMIPA/ FK

 

9

 

IV

Kepala
Subbagian Pendidikan dan Evaluasi/ Registrasi

dan Statistik/
Evaluasi Pelaksanaan
Program dan
Anggaran /Rumah
Tangga/Hukum
dan Tata Laksana/Barang Milik Negara/Tenaga Pendidik (dosen)

/Tenaga Kependidikan/ Anggaran Non PNBP/ Anggaran
PNBP/ Akuntansi dan Pelaporan/
Rencana, Program dan Anggaran/
Informasi/ Hubungan
Masyarakat/
Tata Usaha

 

BUK/
BAK/ BPHM/
UPT TIK/ UPT Pengembanga
n Kerjasama
dan Layanan Internasional

 

8

 

IV

 

Kepala Subbagian Umum/Tata Usaha/Program dan/Perencanaan dan Kepegawaian/Keuangan dan
Umum/Kemahasiswaan
dan Alumni/ Sarana Pendidikan/Minat,
Penalaran,
dan Informasi Kemahasiswaan/Kesejahteraan
Mahasiswa
dan Alumni/Tata
Usaha dan Protokol
/Akademik

BPHM/FH/FK/F

MIPA/FP/FT/FE
B/FISIP/FKIP/L P3M/LPPM/Pas
ca sarjana/UPT
Bahasa/UPT
Lab. Terpadu

 

Tabel Jabatan fungsional tertentu dan kelas jabatannya

 

GRADE

NAMA JABATAN

 

11

Analis  Kepegawaian  Madya/
 Perancang  Peraturan  PerundangUndangan  Madya/

Pranata Humas Madya/
Pranata Laboratorium Pendidikan Madya/
Pustakawan Madya

10

Dokter Muda

9

Analis Kepegawaian Muda/ Arsiparis Muda/ Dokter Pertama/ Pengembang Teknologi

Pembelajaran  Muda/  Perancang
 Peraturan
 PerundangUndangan  Muda/  Pranata Humas
Muda/  Pranata
Komputer Muda/  Pranata
 Laboratorium
Pendidikan Muda/ Pustakawan Muda

 

8

Analis  Kepegawaian
 Penyelia/
 Analis  Kepegawaian  Pertama/
 Arsiparis
 Penyelia/

Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Pertama/ Pengelola Poliklinik/ Pengembang
Teknologi
 Pembelajaran  Pertama Perancan Peraturan
 PerundangUndangan
Penyelia/ Perancang Peraturan PerundangUndangan Pertama/ Perencana
Pertamapranata Humas Pertama/ Pranata Komputer Pertama/ Pranata Laboratorium Pendidikan Penyelia/ Pranata Laboratorium
Pendidikan Pertama/ Pustakawan Penyelia/
Pustakawan Pertama/ Perawat Pertama

7

Analis Kepegawaian Pelaksana Lanjutan/ Arsiparis Pelaksana Lanjutan/ Arsiparis Pertama/ Pranata Humas Pelaksana Lanjutan/ Pranata Komputer Pelaksana Lanjutan/ Pranata   Laboratorium
 Pendidikan
 Pelaksan Lanjutan Pustakawan
Pelaksana
Lanjutan/ Perawat Pelaksana Lanjutan

 

6

Analis  Kepegawaian  Pelaksana/  Arsiparis  Pelaksana/  Pranata
 Humas
 Pelaksana/

Pranata
 Komputer
 Pelaksana/
 Pranata   Laboratorium   Pendidika Pelaksana/
Pustakawan Pelaksana/ Perawat Pelaksana

 

5

Pranata Komputer Pelaksana Pemula/ Pranata Laboratorium Pendidikan Pelaksana

Pemula

 

Tabel Nama jabatan fungsional umum dan kelas jabatannya

 

GRADE

NAMA JABATAN

 

7

Analis Barang Milik Negara/ Analis Data dan Informasi/ Analis Data Pendidikan/ Analis

Organisasi dan Tata Laksana/ Analis Pelaksanaan
Program dan Anggaran/ Bendahara Penerimaan/ Bendahara Pengeluaran/ Pengelola Sistem dan Jaringan/ Penyusun
Laporan Keuangan/
Penyusun Laporan Keuangan/ Penyusun Program dan Anggaran/
Penyusun Rancangan Peraturan Perundangundangan

 

6

Bendahara Pengeluaran Pembantu/ Pengelola Laman/ Pengelola
Program Minat, Bakat,

dan Penalaran
Mahasiswa/
Pengelola Pustaka Elektronik/ Pengelola Sistem Informasi Perguruan Tinggi/ Pengelola Sistem Informasi Persuratan/
Pengelola Wisma/ Pengolah
Bahan Informasi dan Publikasi/ Pengolah
Bahan Informasi
dan Publikasi Kegiatan
Kemahasiswaan/ Pengolah Data Akademik/ Pengolah Data Alumni/ Pengolah Data Barang
 Milik
 Negara/
 Pengolah  Data  Beasiswa/
PengolaData  dan
 Informasi
Penelitian/ Pengolah Data dan Informasi Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat/

 

 

GRADE

NAMA JABATAN

Pengolah Data Informasi/ pengolah Data Kepegawaian/ Pengolah Data Kerja Sama/

Pengola Data
 Ketatalaksanaan/  Pengolah
 Data
 Keuangan/
 Pengolah
 Data Pelaksanaan Program dan Anggaran/ Pengolah Data Program dan Anggaran/ Pengolah Data Program dan Laporan Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat/ Pengolah
Data Program, Anggaran, dan Laporan, Komandan Petugas Keamanan

 

5

Operator Mesin Cetak/ Pemroses Mutasi Kepegawaian/ Penata Arsip/ Penata Dokumen

Keuangan/
Penata  Usaha  Pimpinan/
 Pengadministrasi Akademik/  Pengadministrasi Barang Milik Negara/ Pengadministrasi
Belanja Pegawai/ Pengadministrasi
Data
Akademik dan Kemahasiswaan/ Pengadministrasi Kemahasiswaan dan Alumni/
Pengadministrasi
Kendaraan Dinas/ Pengadministrasi Kerja Sama/ Pengadministrasi Kerumahtanggaan/
Pengadministrasi  Layanan  Informasi  dan
 Publikasi/
Pengadministrasi Layanan Kegiatan Kemahasiswaan/
Pengadministrasi Layanan Kesejahteraan Mahasiswa/ Pengadministrasi Minat dan Penalaran Mahasiswa/ Pengadministrasi Pendidikan daEvaluasi/ Pengadministrasi Peraturan Perundang
undangan/ Pengadministrasi Persuratan/ Pengadministrasi
Poliklinik/ Pengadministrasi Sarana Pendidikan/ Pengadministrasi Umum/ Teknisi Komputer/ Teknisi Laboratorium/
Teknisi Sarana dan Prasarana Kantor/Operator
Sistem Remunerasi, Wakil Komandan
Petugas Keamanan.

4

Ajudan Rektor, Komandan Regu Petugas Keamanan.

 

3

Caraka/ Pengemudi/Petugas Keamanan/ Petugas Perpustakaan/ Pramu Cetak/ Pramu

Wisma

1

Pramu Kantor

Insentif Kinerja sesuai posisi, jabatan, dan grade

 

 
JABATAN

 

GAJI PNBP

 

INSENTIF

JUMLAH

NILAI INSENTIF
(NI), Rp*

Rektor

4.753.000

17.671.000

22.424.000

Grade 16

4.310.000

15.083.000

19.393.000

Grade 15

3.652.000

11.184.000

14.836.000

Grade 14

2.701.000

8.270.000

10.971.000

Grade 13

1.750.000

5.739.000

7.489.000

Grade 12

1.463.000

4.517.000

5.980.000

Grade 11

1.137.000

3.728.000

4.865.000

Grade 10

994.000

3.520.000

4.514.000

Grade 9

682.000

3.062.000

3.744.000

Grade 8

592.000

2.663.000

3.255.000

Grade 7

495.000

2.177.000

2.672.000

Grade 6

437.000

1.980.000

2.417.000

Grade 5

400.000

1.800.000

2.200.000

Grade 4

386.000

1.715.000

2.101.000

Grade 3

368.000

1.632.000

2.000.000

Grade 2

356.000

1.555.000

1.911.000

Grade 1

340.000

1.477.000

1.817.000

 

*) Besaran nilai insentif tersebut belum dikurangi pajak

DOKUMEN SUMBER: Pedoman-Remunerasi-UNILA-2017.pdf

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: