Home > Blogosphere > Alarm Daihatsu Ayla X Elegant tiba-tiba tidak bunyi, klakson dan sign tidak nyala

Alarm Daihatsu Ayla X Elegant tiba-tiba tidak bunyi, klakson dan sign tidak nyala


Pagi ini saya ingin berbagi pengalaman kepada pembaca perihal kejadian tidak berfungsinya alarm, lampu sign/hazard pada mobil daihatsu Ayla.

Kejadian ini diawali sore kemarin pada saat saya sedang keluar kota, mendadak ketika hendak pulang menuju bandar lampung  klakson tidak nyala, tidak hanya itu lampu sign kiri/kanan dan hazard juga tidak berfungsi, bisa dibayangkan untuk perjalanan luar kota sign dan klakson sangatlah mutlak diperlukan, jadilah sepanjang perjalanan dari pringsewu ke bandar lampung menjadi tidak nyaman.

Sepanjang perjalanan, saya bertanya ke istri apakah kira kira sebab musabab masalah ini, istri menyampaikan bahwa memang sempat sebelumnya alarm berbunyi pada saat membuka pintu bagasi  belakang secara manual gunakan kunci kontak dgn posisi kunci pintu ter-lock.

Setibanya dirumah saya coba mempelajari mengapa alarm, klakson, dan sign tidak bekerja, dari penelusuran di internet ada beberapa kemungkinan yg menyebabkan ini bisa terjadi, pertama krn alarm masuk dalam mode valet, sehingga alarm tidak  berbunyi, solusinya adalah dgn mereset alarm gunakan kontak kunci mobil, 3 kali putar dari lock -on-lock. Panduan ini saya ikuti namun tidak membuahkan hasil, alarm dan klakson tetap saja tidak fungsi… fiuuhhh.

Ok cara pertama tidak membuahkan hasil, kecurigaan saya muncul pada daerah kelistrikan atau sikring, saya pun meriksa seluruh sikring pada box fuse yg terletak dibawah kap mesin satu persatu, ada beberapa fuse 10,20, dan 25A, setelah memperhatikan dengan seksama tidak ada sikring yg putus/broken.

Ok lah, nyerah kalo gitu, alternatif terakhir saya coba bawa mobil ke bengkel daihatsu di jln A. YANI BDL, kirain itu dealer buka hari minggu, rupanya satpam bilang jam kerja cuma senin sampe sabtu. Yo wiss pasrah lagi nunggu besok senin.

Ditengah kepasrahan, Saya dan Rasya berniat untuk bersihin mobil, ketika Rasya mau ambil kanebo di box loker di dashboard mobil,  dia bilang ke saya , “pah itu ada sikring banyak dibalik lap”,  kata saya “o yaaa, bentar papa liat dulu ya”. Nah benar saja ada secumpuk sikring dibalik box loker di dashboard tadi. Segera saya coba lepaskan tutupnya dan periksa fuse box tadi.

Ternyata mudah saja, rupanya dibalik tutup box tadi sdh tertera keterangan fungsi fuse/sikring. Horn/hazard rupanya gabung jadi satu gunakan sikring 10A, segera saya cabut tuh sikring, dan Voilaaa rupanya sikringnya dah jebol.

Yoww.. ketahuan masalahnya, segera saya ganti sikringnya gunakan sikring cadangan yg masih terpasang di box fuse yg dari kap mesin. Colokin. Dan… akhirnya Alhamdulillah klakson sekarang sdh nyaring berbunyi, alarm, sign dan hazard sdh berfungsi normal.

Ok lah selesai,,lega rasanya semuanya sdh normal kembali. Ready untuk berjalan lagi, thanka to Rasya yg sudah jeli melihat tumpukan sekring di dashboard.

O iya terlampir adalah foto posisi sikring, di bawah dashboard, posisi sikring  horn/hazard jadi satu, no 2 dari bawah sebelah kanan yg warna merah.

image

  1. eriek
    May 24, 2015 at 9:11 am

    wah..pinter rasya bisa bantu papa nunjukin tempat sekring 🙂

    • June 1, 2015 at 3:04 am

      Hehe iyo om Erik, lah pacak bantu bantu gawean papanyo, mak mano kabar junior kito rik ?

    • Jhonny
      June 4, 2018 at 2:38 pm

      Terima kasih info nya om

  2. July 8, 2016 at 6:18 am

    Alhamdulillah…Sangat membantu sekali, sekring standartnya 10A ak pasang yg 15A untuk darurat bisa ya? Terima kasih sekali TIPS nya.

  3. Arjun
    April 8, 2018 at 1:30 pm

    Saya mengalami hal serupa minta tlg om jelasin detailnya divideo/youtube/minta wa nya om hehe

  1. No trackbacks yet.

Leave a comment