Home > Blogosphere > Performa Peering BGP ke Provider Google Global Cache (GGC) via Indonesia Internet Exchange

Performa Peering BGP ke Provider Google Global Cache (GGC) via Indonesia Internet Exchange


Konten multimedia terutama video sudah menjadi kebutuhan civitas akademika Unila, spesifik pada layanan youtube, users biasanya banyak menjelajahi layanan video untuk keperluan video pembelajaran atau sekedar menikmati film/musik.

Sejak awal tahun 2015 ini, kami berinisiatif utk memecah koneksi internet dan membuatnya menjadi 3 link dedicated, pertama adalah jalur Internet Global melalui jalur IP transit global Provider, kedua adalah jalur internet domestik melalui jalur IIX/OIXP, dan ketiga adalah jalur direct link ke penyedia Google Global Cache.

Walhasil sekarang utilisasi trafik internet bisa optimal, 200Mbps ke arah internasional, 200Mbps ke arah domestik via IIX/OIXP, dan 100Mbps ke arah direct peering provider GGC di gedung cyber.

Terlampir load 100Mbps ke arah GGC, mentok terus, mudah mudahan dalam waktu dekat bisa diupgrade lagi kapasitasnya utk kenyamanan pengguna.

image

  1. aji
    August 24, 2015 at 1:33 pm

    Bang ada tutorialnya gak?

  2. Ibrahim
    February 1, 2016 at 9:59 am

    Bro,

    Mau tanya nih, masih dipisah gak trafficnya yang khusus ke youtube ? itu diIndonesia yang ngasih service peering dengan GGC siapa aja ya ? taunya dari mana?
    Kalo gak salah tiap ISP sekarang udah banyak juga ada GGC(yang akamai2 itukan) ? Lantas bagaimana nanti membedakan trafic ke peer GGC dan Peer ISP+GGC ?

    Thx

    • February 3, 2016 at 2:01 am

      Kalo sekarang sudah gak bikin koneksi fisik ke GGC nya, tahun lalu (2015) iya gunakan direct koneksi ke server GGC provider, waktu itu kita pake PIKANet Jogjya, langsung tarik jalur ke Cyber Jkt. Membedakannya ya tinggal advertise prefix di BGP saja, kalau ketemu tujuannya ke prefix IP GGC ya diforward via interface ke GGC, jadi betul betul terpisah traffik nya.

      • ibrahim
        February 9, 2016 at 12:35 pm

        Thx gan.

  3. March 30, 2017 at 3:11 am

    siang gan mau tanya nie proses awal biar bisa makek GGC gimana ya?

  4. Ridwan
    October 23, 2018 at 3:52 pm

    Misi gan numpang tanya, GGC itu bikin mikrotik overload apa nggk ya?

  1. No trackbacks yet.

Leave a comment