Home > Blogosphere > JAJULUK dan pemberian ADOK dalam adat Kumoring – Palembang Sumatera Selatan

JAJULUK dan pemberian ADOK dalam adat Kumoring – Palembang Sumatera Selatan


Jajuluk dalam bahasa Komering atau Bahasa Indonesianya kira-kira pemberian gelar   adalah salah satu rangkaian prosesi pemberian gelar adat untuk suku keturunan Kumoring (Sumatera Selatan) ketika yang bersangkutan melangsungkan pernikahan, dalam bahasa kumoring pernikahan lebih dikenal dengan istilah”CAKAK BUTAKAT” ,  pemberian gelar ini adalah sebagai bentuk penghargaan bagi pasangan yang baru menikah dan biasanya pemberian gelar diserahkan kepada tetua adat dengan terlebih dahulu berdiskusi dengan kedua orang tua calon mempelai.

Sebutan Gelar atau dikenal dengan “ADOK” dalam bahasa kumoring tidak terbatas atas istilah tertentu saja,  ADOK bisa dengan ungkapan apapun , bergantung dengan kesepakatan tetua adat dan pemberi ide ADOK tadi (dalam hal ini orang tua kedua mempelai).  Biasanya ADOK/GELAR mengandung makna DOA, HARAPAN, atau ADOK turunan dari OrangTua mereka Dahulu.

Dalam proses pemberian ADOK/GELAR biasanya tetua adat membunyikan tabuh tabuhan (pada umumnya ditabuh  sebuah Gong Adat), sambil dibacakan semacam Petuah lebih mirip ke Pantun dalam bahasa Kumoring.  Pantuan Petuah tadi sangat kental dengan syair bernuansa Kumoring. pantun dan syair lengkapnya saya lupa, namun masih ada arsipnya di rumah, insya alloh akan saya ketikkan untuk mendokumentasikannya.

Nah pada saat prosesi pernikahan saya kebetulan ada saudara dari pihak Ibu yang mengerti akan prosesi ini, maka dimintalah kepada beliau sebagai wakil sesepuh adat untuk pemberian gelar ini, hasil diskusi antara orang tua saya dan wakil sesepuh ini maka disepakati bahwa gelar Kumoring saya adalah “PANGISON ALAM” , kira kira artinya PANGISON adalah membuat adem/sejuk/damai ALAM adalah lingkungan/sekitar , jika digabungkan maksud dari “PANGISON ALAM” adalah doa Orang Tua saya yang berharap bahwa kelak setelah menikah saya akan menjadi sosok pengayom/peneduh/pelindung/penyejuk bahtera rumah tangga yang akan dibina bahkan hingga ke pengayom untuk lingkungan di sekitar saya berada. Sedangkan untuk istri saya diberikan gelar “NAI PANGISON ALAM” artinya adalah Nyonya/Istri dari PANGISON ALAM.

Terlampir  FOTO saat prosesi pemberian ADOK/GELAR di acara pernikahan saya

Sayapun kembali teringat atas gelar AKAS dari pihak papa (PRABU ASNAWI), AKAS dari Pihak MAMA (RADEN LOBAY) , gelar PAPA (PERINDOSASI) , gelar sepupu AKAS (MANGKUBUMI) dan lain sebagainya, iseng iseng saya lihat di group Kumoring Sikam Kaunyin di facebook beberapa gelar adar yang mereka dapatkan setelah melangsungkan pernikahan.

http://www.facebook.com/topic.php?uid=57676179458&topic=8249

  • Ass. kolpah piwari ku yang terhormat, topic sa kutulis cuman haga pandai api2ya golar sai kita dapok sewaktu kita kahwin, nyak ja cuman haga pandai keindahan dari budaya kumoring kita, amon berkenan silahko tulis di topic sa, kumulai rik golar ku yo..golar ku “KESUMA RATU”….

  • Assalamu’alaikum Kolpah kawari kaunyin na. Salam Konal jak nyak: “RADIN PUTORO YUDHA”

  • Nyak bugolar “HURIAN DIWA NATA” ditotapko tgl 28 Mei 2000 di godung Dharma Wanita Kapten Arivai….

  • Golarku mon mak salah RADEN NGABEHI PANDITA dicawako di Pulimbang, kok uni, sijaho nyak loko Tantora Angkatan Darat

  • Golalaran kuja TUBAGUS KURNIAWAN Di totapko TGL 18 MEI 2000 di pok PATRA OGAN Palaju

  • Mun mak salah..Golarku PRABU DARMAWAN….cak ubak uat kata PRABU karena nyak ja anak sai tuha..dan DARMAWAN..supaya mak kolik ri kolpah piwari. Anggoman ku golarna NAI PRABU DARMAWAN.

  • Golarku nonti amon kok kahwin Insya Allah ” Permata Yudha Negara” jd lengkapna Hambali Permata Yudha Negara…Amin.

  • Golarku iyuda Tolah Fbku ja ” MAS WIRA” Kilu angkatna pun ………….Dung …dung … dung…. Kunai Anggoman ku “INI BUNGA” Kilu Angkatna pun ……dung ….dung …. dung…..
    Mas Wira hortina Perwira Mas bakna nyak anak nomor 2 bakas, kyai kok ngakuk Radin jadi nyak Perwira na adikku Penutup.
    Mih gantasa golarsa kadang mih di wor pas kahwin lamun kadang mak tipakai …. jadina lupa…., bakna munih kita sa nayah say kahwin rik layon jolma komaring golar sor mak tipakai / mak ti angkat.

  • Golaran atawa jajuluk ku ja RATU IGAMO…
    pancangan na payja tanggal 13 Juli 1997 di Gedung Cek Ipah Talang Keranggo, pulimbang.
    alhamdulillah, yo ja kuhurikko, tormasuk tolah ku di fesbuk sija..
    id YM= ratuigamo.. tolahku di kantor Syahril Rizal Ratu Igamo..

  • assalamu’allaikum.,kolpah piwari kaunyin na Salam konal jak nyak:DALOM BANGSAWAN.,tolah nyak ja kuti liak fb..sija panggilan nyak ja ditiuh paija ho Sitam hasan tiruk jak Rasuan. dang ma ditinong kuti yo .wassallam

  • men nyak makongka golar sai jak komeing umakku tapi ubakkku jak kayu agung , tapi golar akasku kUMALA SAKTI, golar buyutku SINGAMANGKU JAK TIUH CAMAPANG TIGA sina da sai pacak kucawako di pak barop, pak lobu pak bungsu , kyia maupun adik maupun niyai

  • Assalamualaikum…golar nyak waktu nikah : ” MANGKU PUTERI “

  • golarku “SINGA RAJA”

    over a year ago · Report
  • Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Nabik Tabik Pun Golarku ” S U R Y A D I N A T A “

  • Ucak Pendekar Liar Golarmu………..hjahahahahahha

  • agoi…. nyak ja mak kung botik… mak ongka golar na… wkwkwkwkwk.. cindo nihan bahso sikam ja.. wkwkwkwkw… ga maha torus nyak baco grup sija….

  • amun Ubakku golarna Raden Sinum, nah nyak ja ti golari Raden Sunum Putra…artina putra na Raden Sinum…juk sina kolpah iwari….!!

  • Assalamualaikum…iyak mak kung nikah. iyak mak ongka golar. wkakakakakka. mon golar jak akasku uwat.

  • nyak mak kung nikah munih, jadi nyak mak kung uwat golar.
    nonti ompai nyak nikah, nyak kasih tau golar nyak.

  • waktu botikho nyak dijajuluk bak panitia panggolaran, jak pakumpulan AKOR Plaju. jajulukna: “INTAN MULIA”. ti juki tolah intan bakna nyak ja ompu du kumala intan sai botik di tugu mulyo, samulana tijuki pungadok intan mulia. radusina sasuai munih rik gawianku

  • golarku “RADEN AJI” 🙂 Salaam

  • Tolahku Muhammad Rifai, golarku Batinnegara, Indokku Siti Aisyah, ubakku Husin Syafei. Jadi kuguai tolahku: Muhammad Rifai Batinnegara, SH.

  • Tahun 97 di Pekalongan Jateng waktu nyak busanding, jak pemangku adat komering Campangtiga nyak dijuki tian jajuluk “Mantri Prawira Negara”. Ubakku Mantri Guru (Muhd. Rais), Akasku Mantri Dalom. Sinada sai ku kapandai. kahampuraan kaunyin. Tks, (Ermansyah Rais, SE.MM).

  • gelar ku ja” SUTAN MARGA” NYAK JAK BANTON

  • Nyakja bangga jd jolma kumoring, jolma na pintor2..
    Asal tiuh ku Pandan Agung Kec. Madang Suku II, nyak botik tahun 2007 dijuki pemangku adat golar Raden Mas Agung, tolah asli ku Taufik Hidayat.
    Ganta tinggal di Palembang.

    Salam kenal kaunyin yo facebookers jolma kumoring..

  • golar nyak mangku prabu..di totapko taon 87..jak adumanis..ubakku hamid golar putoro ratu…akasku musa golar malim bangsawan…(kotif adumanis)….

  • Nyakja Adumanis munih..

  • kiyai rico..api golar mu rik sapa golar ubak na…

  • nyak ja cucung dari KH Abdullah Fikri (alm) golarna nyak mak pandai..mak ingok lagi, ubakku Danial Fikri golar Prabu Mangkubumi , kl dak salah..

    maaf bahasa kumoring aku masih payahh..aku gabung memang ingin nian nak belajar bhs kumoring…mohon bantuannya..

    kamus Kumoring-Indonesia lah sudah ado di aku, disusun oleh Kakak H.Rakfat Ben SH,MM Golar Mangkubumi dan Mamang aku A.Firdaus Jakoeb SE. Golar Agung Depati Arjuna

    nyak bangga nian jd jolma kumoring…Alhamdulillah wa Syukurillah…

  • hibat man kok wat kamus indo-komring……parihal ubak na , onti nyak butanya pai rik ubakku mudah2n pandai…sebab sanga tiuh….( hebat kaalu sdh ado terbitan kamus indo-komurong.tth Kh.Abdullah fikri dan Danial Fikri kagek aku tanya dgn bpk dirumahni..mudah2an tahu sebab sedusun.)..salam kenal..sanga tiuh….

  1. agung cell
    November 20, 2011 at 1:57 pm

    asalamu’allaikum…saya mau tanya apa arti kata Mangkurobu

  2. November 21, 2011 at 10:37 am

    alaikum salam, maaf kalau mangkurobu saya tidak tahu artinya

    • agung cell
      November 21, 2011 at 1:07 pm

      terimakasih atas replynya,Mangkurobu yang saya maksud adalah dari campang tiga

  3. Ompu Kasumo Basrie
    May 26, 2013 at 2:46 am

    Golarku “FAJAR UTAMA”

  4. ompu singa depati
    June 17, 2013 at 7:39 am

    nyak mak wat golar, akas qu bachtiar husein singa depati dari ompu singa depati salam kenal tuk smua jolma kumoring.

    • gani amri
      January 29, 2017 at 6:51 pm

      Assalamualaikum saya gani amri kakek saya bachtiar bin husein singa depati dusun adumanis

  5. March 2, 2017 at 2:21 am

    Salam kenal ghrik kolpah piwari.

  1. No trackbacks yet.

Leave a comment